oleh

Berikut 5 Jenis Beras Cocok Untuk Anda yang Sedang Diet

PortalMadura.Com – Beras merupakan salah satu makanan pokok yang dikonsumsi setiap hari oleh banyak. Namun, beras putih tidak aman untuk diet. Saat diet, kebanyakan orang mengurangi asupan karbohidrat, termasuk nasi. Sayangnya, tidak setiap orang bisa hidup tanpa nasi.

Dilansir dari laman Popmama.Com, Jumat (8/1/2021), berikut sebagai rekomendasi, jenis beras yang cocok untuk diet:

Beras Merah

Antosianin tak hanya memberikan warna merah pada beras, tapi juga mampu membantu mengatur berat badan. Mangan yang ada di dalam beras bisa membantu meningkatkan metabolisme tubuh. Banyak juga yang menggunakan beras merah sebagai pengganti beras putih saat ingin diet. Beras ini kaya akan antioksidan yang bernama antosianin.

Beras Cokelat

Beras yang paling mudah ditemui dan dijadikan pengganti untuk beras putih adalah beras cokelat. Jenis beras yang satu ini cocok untuk dikonsumsi Anda yang sedang diet karena mengandung tinggi serat. Seratnya mampu meningkatkan metabolisme tubuh dan membantu menurunkan berat badan.

Beras Basmati

Beras ini tinggi serat dan rendah gula sehingga cocok sekali untuk dijadikan asupan karbo saat diet. Basmati juga mengandung arsenik yang lebih rendah dibanding lainnya. Di mana kadar arsenik tinggi bisa membahayakan kesehatan dan meningkatkan risiko diabetes, masalah jantung, dan beberapa tipe kanker.

Beras Liar

Beras jenis ini juga memiliki sumber vitamin dan mineral yang baik untuk tubuh, beberapa di antaranya adalah vitamin B, magnesium, dan mangan. Beras liar merupakan salah satu gandum utuh yang mengandung serat dan protein 3 kali lebih banyak dibanding beras putih.

Beras Hitam

Beras ini memiliki antioksidan dibanding yang berwarna lebih cerah lainnya. Selain itu, beras hitam juga mengandung mikronutrien seperti folat, vitamin B6, zinc, fosfor, dan niacin. Beras hitam merupakan beras dengan warna paling gelap. Teksturnya pun lebih padat dibanding beras lainnya. Anda bisa menggabungkan beras merah dengan beras hitam untuk tekstur yang lebih ringan.

Rewriter : Raudatul Fitrah
Sumber : Popmama.Com

Komentar