oleh

Berikut 8 Tanda Masker yang Anda Gunakan Tidak Cocok

PortalMadura.Com – Saat ini perawatan sudah menjadi kebutuhan bagi setiap orang, apalagi bagi perempuan. Salah satu perawatan yang sering digunakan yaitu masker wajah, karena penggunaannya yang simpel dan bisa di lakukan saat sedang bersantai di rumah.

Beda masker, beda juga efek yang diakibatkan. Alih-alih membuat kulit lebih putih, lembap, dan mulus, beberapa masker justru menimbulkan sejumlah kerusakan pada kulit.

Berikut ini delapan tanda masker tidak cocok di kulit, dilansir dari honestdocs.id, Sabtu (5/9/2020):

Kulit Memerah Dan Iritasi

Iritasi dan kulit yang memerah setelah menggunakan masker wajah dapat terjadi akibat reaksi dari bahan-bahan yang terkandung dalam masker, misalnya bahan penambah aroma, bahan pengawet, dan minyak esensial tertentu. Apabila memiliki kulit sensitif, maka Anda akan lebih rentan untuk mengalami iritasi kulit setelah menggunakan masker di wajah.

Terasa Gatal Pada Saat Ataupun Setelah Menggunakan Masker

Tanda masker wajah yang Anda gunakan tidak cocokĀ  juga dapat diketahui apabila muncul rasa gatal pada saat ataupun setelah menggunakan masker. Selain rasa gatal, Anda juga bisa mengalami ruam kemerahan di kulit serta wajah yang tampak membengkak. Hal ini mungkin terjadi akibat riwayat alergi yang dimiliki terhadap bahan tertentu.

Muncul Jerawat

Hal terpenting lainnya yang dapat membuktikan bahwa Anda tidak cocok menggunakan masker wajah tertentu adalah munculnya jerawat. Apabila Anda memiliki jenis kulit berjerawat, Anda bisa menggunakan masker jenis non comedogenic. Jenis masker tersebut tidak akan menyumbat pori-pori pada kulit sehingga tidak menimbulkan komedo ataupun jerawat di wajah. Selain itu, masker tersebut juga dapat memberikan kelembaban ekstra untuk kulit.

Kulit Kering Dan Mengelupas

Ada pula jenis masker yang digunakan khusus untuk proses eksfoliasi atau pengangkatan sel kulit mati. Namun masker jenis eksfoliasi ini cenderung menyebabkan kulit menjadi lebih kering dan mengelupas. Apabila Anda mengalaminya, maka itu pertanda bahwa Anda tidak cocok menggunakan masker tersebut.

Terasa Sakit Saat Melepas Masker

Apabila merasa sakit saat melepas masker, maka itu juga menandakan bahwa masker tersebut tak cocok untuk kulit Anda. Melepas masker dengan paksa dapat menyebabkan kerusakan pada kulit dan juga menghilangkan sel-sel kulit yang sehat. Apabila Anda membiarkan masker mengering terlalu lama, maka kulit pun mungkin akan rusak saat Anda melepas masker tersebut.

Kulit Terasa Kencang Saat Masker Dilepas

Apabila kulit terasa kencang setelah melepas masker harus diketahui dulu kandungan masker yang digunakan karena tidak semua jenis masker memiliki efek terasa kencang setelah digunakan, sehingga bisa jadi ada yang salah dengan masker tersebut. Umumnya efek kencang pada kulit muncul saat menggunakan masker berbasis tanah liat. Mungkin sebagian dari Anda memang mengidam-idamkan kulit yang kencang dan cocok menggunakan masker dari tanah liat. Namun, bagi sebagian orang lainnya, masker tanah liat terlalu keras dan tidak cocok untuk digunakan.

Kulit Terasa Terbakar

Tanda lain yang menunjukkan bahwa Anda tak cocok menggunakan produk masker wajah tertentu adalah timbulnya rasa panas dan terbakar pada kulit. Rasa panas dan terbakar pada kulit ini dapat disebabkan karena kulit sensitif terhadap bahan kimia tertentu yang terkandung dalam produk masker wajah. Sebaiknya hindari penggunaan masker wajah yang mengandung retinol dan carilah masker dengan bahan alami yang tentunya lebih aman.

Kulit Menjadi Lebih Berminyak Dari Pada Biasanya

Apabila setelah menggunakan masker kulit wajah Anda menjadi lebih berminyak, berarti Anda tidak cocok menggunakan masker wajah tersebut. Kulit bisa lebih berminyak setelah menggunakan masker karena masker dapat menghilangkan minyak alami kulit. Akibatnya kulit secara otomatis akan menghasilkan minyak alami lebih banyak karena menganggap bahwa kulit kekurangan minyak alami. Kulit yang secara alami dapat membantu mencegah kotoran masuk ke dalam tubuh dengan cara menjaga keseimbangan minyak di kulit untuk menjaganya tetap lembab.

Rewriter : Liza Princess
Sumber : honestdocs.id
Tirto.ID
Loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

portalmadura.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE