oleh

Berikut Cara Turunkan Gula Darah dengan Mudah

PortalMadura.Com – Ada banyak hal yang menyababkan meningkatnya gula darah, diantaranya kurangnya produksi insulin ketika tubuh tidak mengirimkan gula dari darah sel secara efektif. Kadar gula darah yang tinggi dapat merusak pembuluh darah.

Seperti yang dilansir dari laman Alodokter.Com, Jumat (4/12/2020) ada banyak cara yang dapat menurunkan gula darah, mulai dari mengubah kebiasaan mengonsumsi makanan yang kurang sehat. Hal ini penting dilakukan demi menjaga kesehatan Anda tetap terjaga:

Menurunkan Berat Badan

Bagi Anda yang memiliki berat badan berlebih, disarankan untuk menurunkan berat badan menuju ke berat ideal. Bahkan, hanya dengan menurunkan 7% berat badan, risiko diabetes akan berkurang hingga sekitar 50%.

Olahraga Teratur

Olahraga teratur dapat membantu menurunkan berat badan dan meningkatkan sensitivitas insulin, sehingga sel tubuh bisa menggunakan gula darah sebagai sumber energi dengan lebih efisien. Olahraga yang baik untuk dilakukan sebagai cara menurunkan kadar gula darah adalah jalan cepat, lari, bersepeda, menari, mendaki gunung, berenang, dan latihan angkat beban.

Tidur yang Cukup

Tidur cukup yang berkualitas dapat membantu tubuh menekan kadar gula darah. Untuk mencukupinya disarankan tidur selama 7 – 9 jam setiap hari. Pola tidur yang buruk dan waktu tidur yang kurang dapat meningkatkan nafsu makan, sehingga berat badan bertambah. Penelitian juga menunjukkan bahwa gangguan tidur dapat meningkatkan risiko terjadinya resistensi insulin, sehingga gula darah meningkat.

Mengontrol Gula Darah

Hormon glukagon dan kortisol yang dikeluarkan oleh tubuh saat stres dapat meningkatkan kadar gula darah. Cobalah mengurangi stres dengan yoga dan relaksasi.

Mengontrol Porsi Makan

Porsi makanan yang terkontrol dapat membantu Anda mengurangi asupan kalori dan menurunkan lonjakan gula darah. Disarankan untuk makan dengan piring kecil secara perlahan-lahan dan membiasakan diri untuk memperhatikan jumlah kalori yang tertera pada label makanan. Hanya makan satu atau dua kali sehari dalam porsi besar dapat menyebabkan lonjakan kadar gula darah yang tinggi. Anda disarankan untuk makan tiga kali sehari dengan porsi sedang, dan jika ingin mengemil, makanlah camilan sehat seperti buah.

Rewriter : Raudatul Fitrah
Sumber : Alodokter.Com

Komentar