oleh

Berikut Langkah yang Perlu Diperhatikan Pasca Operasi Caesar

PortalMadura.Com – Ibu yang melahirkan dengan operasi caesar membutuhkan waktu pemulihan yang lebih lama daripada pemulihan setelah melahirkan normal. Setelah operasi caesar, ibu yang baru melahirkan juga biasanya perlu dirawat inap di rumah sakit selama beberapa hari dan tidak boleh melakukan aktivitas berat selama beberapa minggu.

Menjalani masa pemulihan pasca operasi caesar memang terbilang cukup berat. Namun, ada beberapa langkah sederhana yang dapat dilakukan agar proses pemulihan berlangsung lebih cepat dan lancar. Seperti yang dilansir dari laman Alodokter.Com, Senin (16/11/2020):

Gempur Rokok Ilegal Pemkab Sumenep

BACA : Jelang Liga 3 Jatim 2021, Madura FC Masih Butuh Empat Laga Uji Coba

Melakukan Aktivitas Fisik Ringan

Hal ini penting dilakukan agar tenaga Anda pulih, sekaligus menunggu efek obat bius berkurang. Anda juga bisa melakukan beberapa olahraga pasca operasi caesar yang aman untuk dilakukan. Makin cepat Anda bangun dan bergerak, makin baik pula untuk kelancaran sirkulasi darah dan sistem pencernaan Anda.

Beristirahat yang Cukup

Selalu luangkan waktu untuk beristirahat setiap kali Si Kecil tertidur, termasuk pada siang hari. Selain cukup tidur, Anda juga dianjurkan untuk tidak melakukan aktivitas yang menyebabkan tekanan di rongga perut meningkat, seperti sering naik-turun tangga atau mengangkat benda berat.

Mengelola Emosi Dengan Baik

Masa-masa setelah melahirkan, baik secara normal maupun dengan operasi caesar, adalah masa yang sulit. Bahkan tak sedikit ibu yang mengalami stres dan depresi karenanya. Oleh karena itu, penting untuk mengelola emosi dengan baik. Jangan sungkan untuk mencari bantuan dokter atau psikolog bila Anda mengalami depresi pasca melahirkan yang ditandai oleh munculnya rasa sedih yang terus-menerus, sering menangis, putus asa, atau bahkan ingin menyakiti diri sendiri atau bayi Anda.

Mengenali Tanda-tanda Bahaya

Segera pergi ke dokter atau rumah sakit terdekat apabila setelah operasi caesar Anda mengalami hal-hal yang tidak biasa. Seperti sakit saat buang air kecil, pendarahan dan keluar cairan berbau dari luka operasi. Setiap Perempuan yang menjalani operasi caesar memiliki pengalaman yang berbeda-beda. Hal ini pun akan memengaruhi apa yang dirasakan selama menjalani masa pemulihan dan lamanya waktu pemulihan.

Merawat Luka Bekas Operasi

Perawatan luka operasi sangat penting dilakukan karena berpengaruh besar terhadap proses pemulihan. Dokter atau perawat biasanya akan memberikan petunjuk mengenai cara merawat luka jahitan operasi caesar selama Anda menjalani pemulihan di rumah.

Dapatkan Berita terbaru dari kami via Telegram

Komentar