oleh

Berikut Tips Rawat Luka Jahitan Pasca Operasi Agar Tak Timbul Bekas

PortalMadura.Com – Sebagian besar luka sayatan atau goresan kecil pada kulit akan sembuh dan hilang dengan sendirinya. Namun, lain halnya pada luka sayatan besar seperti jahitan pasca operasi.

Luka jahitan umumnya akan meninggalkan bekas. Namun, jika luka jahitan tersebut dirawat dengan baik, proses penyembuhan luka bisa lebih cepat dan luka jahitan pun bisa tidak berbekas.

Selamat Ibadah Puasa

Dilansir dari laman Alodokter.Com, Sabtu (9/1/2021), berikut tips merawat luka jahitan agar tidak berbekas:

Jaga Kebersihan Luka Jahitan

Luka jahitan yang terinfeksi bisa menyebabkan proses penyembuhan luka berlangsung lebih lama dan meningkatkan risiko munculnya bekas luka. Oleh karena itu, Anda perlu membersihkan luka jahitan secara teratur guna mencegah terjadinya infeksi.

Terapkan Gaya Hidup Sehat

Anda juga perlu mengonsumsi makanan bergizi agar tubuh dapat memperbaiki jaringan yang rusak. Selain itu, agar proses pemulihan luka bisa berjalan lancar, Anda juga perlu menghindari aktivitas fisik berat, tidak merokok atau terpapar asap rokok, dan jauhi minuman beralkohol.

Hindari Paparan Sinar Matahari

Hindari area tersebut dari paparan sinar matahari. Hal ini dikarenakan paparan sinar matahari pada kulit yang terluka bisa menyebabkan luka tampak berbekas.

Gunakan Salep

Untuk mencegah luka jahitan terinfeksi. Oleskan salep tersebut ke area luka jahitan secara rutin sesuai petunjuk dokter. Untuk mempercepat penyembuhan luka, dokter juga mungkin akan menyarankan Anda menggunakan pelembap, seperti petroleum jelly.

Pastikan Luka Jahitan Tetap Kering

Selama masa pemulihan, usahakan agar luka jahitan selalu kering. Luka jahitan yang basah bisa membuat Anda merasa gatal dan lebih rentan terinfeksi. Setelah luka dibersihkan dengan air dan sabun, segera keringkan luka dengan handuk bersih atau kasa steril. Anda juga dianjurkan untuk tidak melakukan aktivitas yang dapat membuat luka jahitan terlalu basah, seperti berenang.

Rewriter : Raudatul Fitrah
Sumber : Alodokter.Com

Komentar