oleh

Besok, Bawaslu Sampang Akan Bersihkan APK Pemilu 2019 Langgar Aturan

PortalMadura.Com, Sampang – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur akan melakukan penertiban sejumlah alat peraga kampanye (APK) yang bertebaran di wilayahnya.

Rencana penertiban itu, besok hari Rabu 6 Februari 2019, akan dimulai pukul 8:00 WIB sampai selesai.

Komisioner Bawaslu Sampang, Divisi Penindakan Pelanggaran, Yunus Ali Ghafi menjelaskan, semua APK yang dipasang dan tidak mengindahkan terhadap aturan pasti dibersihkan.

Tim atau perseorangan yang hendak memasang APK Pemilu 2019, harus merujuk pada Peraturan Bupati (Perbup) Nomor 47 tahun 2017 atas perubahan Perbup Nomor 61 tahun 2015 tentang pemasangan reklame dan PKPU.

Pihaknya mengaku telah mengantongi data APK yang dinilai melanggar aturan, baik dari calon Presiden – calon Wakil Presiden, DPD dan calon Legislatif pada Pemilu 2019.

Sasaran penertiban APK, diantara yang dipaku pada pohon, menempel pada tiang listrik dan melintang di Jalan Raya wilayah hukum Sampang.

“Kami lakukan penertiban terhadap semua APK yang terpasang menempel di pohon dan tempat lain yang melanggar peraturan,” tegasnya, Selasa (5/2/2019).

Sasaran lokasi, antara lain, Kecamatan Jrengik, Tambelangan, Kedungdung, Omben, Banyuates, dan Kota Sampang.

“Selama penertiban APK, kami melibatkan masing-masing pengawas kecamatan dan sejumlah petugas dari unsur Satpol PP,” lanjuntnya pada PortalMadura.Com.

Demi terciptanya unsur estetika, menjaga lingkungan dan kenyamanan bagi masyarakat umum, Bawaslu berharap kepada seluruh peserta Pemilu 2019 dapat mematuhi regulasi atau sistem pemasangan APK sesuai PKPU Nomor 23 tahun 2018 tentang kampanye.

Penulis : Rafi
Editor : Agnes Hafilda Kusuma
Tirto.ID
Loading...

Komentar