Perempuan Muslim Afrika Selatan Rayakan Hari Hijab Sedunia

Avatar of PortalMadura.com
Perempuan Muslim Afrika Selatan rayakan Hari Hijab Sedunia
Ilustrasi. (Foto file - Anadolu Agency)

PortalMadura.Com, , – Afrika Selatan menghargai para perempuan Muslim yang mengenakan jilbab. “Kami di Afrika Selatan merayakan Hari Hijab sebagai rasa syukur atas kebebasan yang diberikan Negara kepada kami untuk mempraktikkan dan mengenakan atribut keagamaan kami,” ujar Jawairiya Aboobaker dari LSM Muslim Baitul Salaamz pada Minggu kemarin, bertepatan dengan malam perayaan untuk memperingati di Pretoria.

Aboobaker mengatakan peringatan Hari Hijab bertujuan mengajak perempuan Muslim agar merasa bangga mengenakan jilbab karena itu adalah bagian dari agama mereka.

Menurut dia, meskipun Afrika Selatan adalah Masyarakat yang toleran, terkadang ada beberapa orang yang menargetkan perempuan Muslim berhijab dengan menyebut mereka “ninja”. dilaporkan Anadolu Agency, Selasa (5/2/2019).

Aktivis gender itu mengatakan organisasinya akan berusaha mengedukasi para penindas untuk menghormati perempuan berkerudung dan memahami mengapa mereka menutupi tubuh mereka.

Dia juga meminta warga Negara lain yang sering mendiskriminasi perempuan berjilbab untuk bersikap toleran dan menghentikan kebencian.

Pada Minggu (3/2/2019) kemarin, lebih dari 70 perempuan berkumpul untuk mendengarkan ceramah dalam rangka peringatan Hari Hijab Sedunia di sebuah masjid di pinggiran Pretoria.

Dalam ceramah itu, para pembicara menegaskan bahwa pemakaian kerudung adalah kewajiban agama, sehingga tidak boleh dipandang sebagai bentuk penindasan terhadap perempuan.

Acara peringatan Tahun ini berfokus pada perempuan kulit hitam yang merupakan kelompok minoritas di Negara itu, yang kebanyakan baru memeluk agama Islam.

Aboobaker menambahkan bahwa perempuan kulit hitam di Afrika Selatan lumrah mengenakan kerudung selama menghadiri upacara pemakaman dan ibadah di gereja sebagai bentuk penghormatan atau kerendahan hati.

Pemeluk agama Islam mencapai sekitar 2,5 persen dari 57 juta populasi Afrika Selatan.

Terlepas dari jumlah populasi yang sedikit, Muslim memainkan peran penting dalam perekonomian Negara. Beberapa dari mereka terlibat dalam politik, akademik, dan perdagangan.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.