BI: Rupiah Menguat Karena 4 Faktor

Avatar of PortalMadura.com
BI rupiah menguat karena empat faktor
Ilustrasi: Bank Indonesia. (Foto file - Anadolu Agency)

PortalMadura.Com, mengungkapkan ada empat faktor penting yang membuat nilai tukar terhadap dolar AS terus menguat.

Berdasarkan data dari (JISDOR) BI, nilai tukar rupiah pada hari ini berada di level Rp14.038 per dolar AS. dilaporkan Anadolu Agency, Senin (28/1/2019).

Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo menyukuri kondisi ini. Faktor pertama yang membuat rupiah menguat menurut dia, adalah kepercayaan investor asing yang terus menguat.

“Kepercayaan ini terlihat dari derasnya aliran modal asing tidak hanya pada PMA, tapi juga investasi portofolio obligasi, saham, dan jenis-jenis aset lainnya,” ungkap Perry di Jakarta, Senin.

Selanjutnya, Perry menyebut faktor kedua penguatan rupiah karena sinergi antara BI, Otoritas Jasa Keuangan (OJK), dan Pemerintah juga semakin baik untuk mendorong stabilisasi ekonomi melalui upaya mendorong ekspor dan mengurangi impor.

Perry menambahkan faktor ketiga yang membuat rupiah masih perkasa adalah mekanisme pasar keuangan di Indonesia yang semakin berkembang.

Pasar keuangan Indonesia saat ini tidak lagi bergantung pada spot dan swap saja semenjak berlakunya DNDF pada November lalu.

“Kami pastikan bahwa likuiditas valas ada, baik di spot, swap, dan DNDF yang pelakunya juga berasal dari investasi asing,” imbuh dia.

Perry juga menuturkan ketahanan eksternal Indonesia juga semakin baik sehingga menjadi faktor keempat yang menunjang penguatan rupiah.

Kondisi ini terlihat dari defisit transaksi berjalan yang menurut Perry akan lebih rendah.

“Aliran modal asing membuat surplus neraca modal semakin meningkat jadi secara keseluruhan sisi fundamental neraca pembayaran lebih baik,” urai Perry.

Sumber : Anadolu Agency

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.