Bolehkah Baca Alquran Tanpa Menggerakkan Lidah dan Bibir?

Avatar of PortalMadura.com
Bolehkah-Baca-Alquran-Tanpa-Menggerakkan-Lidah-dan-Bibir
ilustrasi (Langit7.id)

PortalMadura.Com – Membaca Alquran merupakan anjuran bagi semua umat Muslim yang ada di dunia ini. Karena dengan membaca atau mengamalkannya akan mendapat pahala dari Allah SWT.

Melakukannya bisa dimana saja dan kapan saja. Jika biasanya membaca Alquran dengan mengeluarkan suara, lantas bagaimana jika hanya dalam hati saja tanpa ada gerakkan bibir dan lidah?. Apakah tetap berpahala?.

Untuk lebih jelasnya, mari simak penjelasan berikut ini sebagaimana dilansir Republika.co.id dari laman aboutislam.net,

Ulama asal Kanada, Syekh Ahmad Kutty menjelaskan, setiap muslim diperbolehkan untuk membaca Alquran dalam pikiran dan hati saja. Namun tetap menggerakkan lidah dan bibir. Karena akan lebih baik daripada melakukannya dalam hati semata.

Ketika Anda melibatkan setiap anggota tubuh Anda (lidah, bibir, mulut, hati, dan pikiran) dalam membaca Alquran, itu berarti Anda sedang berusaha untuk mendapatkan pahala yang berlipat ganda karena masing-masing anggota tubuh ini terlibat dalam perbuatan yang paling mulia.

Selain itu, tidak apa-apa jika membaca Alquran dengan cara bergantian, melafalkan dengan keras sedemikian rupa sehingga Anda dapat mendengarnya sendiri. Wallahu A’lam.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.