Bom Meledak di India, 4 polisi Tewas

Avatar of PortalMadura.Com
Bom Meledak di India, 4 polisi Tewas
Foto : Anadolu Agency

PortalMadura.Com, Srinagar – Setidaknya 4 orang anggota Kepolisian tewas dan dua lainnya terluka pada Sabtu akibat serangan bom di Wilayah Jammu Kashmir.

Kelompok militan membawa peledak rakitan atau Improvised Explosive Device (IED) dan meledakannya di daerah pasar yang sepi pada pukul 10.30 waktu setempat. Polisi tersebut sedang melakukan patroli rutin, kata pejabat kepolisian setempat, PortalMadura.Com, melansir dari Anadolu, Minggu (7/1/2018).

Tidak ada warga sipil yang menjadi korban akibat serangan bom itu karena pasar sedang tutup, menyusul adanya peringatan 25 tahun ledakan Sopore tahun 1993 yang menyebabkan 57 warga sipil dibunuh oleh angkatan bersenjata India.

Dikutip dari situs media lokal, kelompok militan Jaish-e-Muhammad mengklaim bertanggung jawab atas serangan bom tersebut dan mengaku kepada sebuah Kantor Berita GNS.

Kepala Menteri Administrasi wilayah setempat Mufti Mehbooba mengutuk aksi penyerangan bom itu.

“Sangat menyakitkan mendengar hal itu, 4 petugas kepolisian telah tewas akibat ledakan IED di Sopore. Penyesalan terdalam saya untuk keluarga mereka,” ujar Mufti dalam akun Twitter resminya.

Kashmir, merupakan wilayah mayoritas Muslim di Himalaya, wilayah yang diklaim oleh dua negara yakni India dan Pakistan. Sementara daerah kecil lainnya dikuasai oleh Tiongkok.

Dua negara tersebut telah berperang selama beberapa periode yakni 1948, 1965 dan 1971.

Kelompok Gerilyawan Kashmir di Jammu Kashmir telah berperang dengan Pemerintah india untuk kemerdekaan persatuan dengan negara tetangga Pakistan. Lebih dari 70 ribu orang telah dilaporkan tewas sejak konflik yang dimulai pada 1989.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.