Fakta dan Mitos Seputar Rawat Bayi yang Perlu Bunda Ketahui

Avatar of PortalMadura.com
Fakta dan Mitos Seputar Rawat Bayi yang Perlu Bunda Ketahui
ilustrasi

PortalMadura.Com – Bagi perempuan yang baru menjadi seorang ibu, dalam merawat seorang anak pasti membuatnya banyak bertanya. Pertanyaan itu tidak lain akan dilontarkan pada yang sudah berpengalaman dalam merawat bayi, seperti orang tua.

Biasanya, orang tua akan mewarisi kebiasaan dari generasi sebelumnya kepada anak mereka. Tidak heran ketika merawat bayi ia sering mempraktikkan mitos-mitos yang dipercaya dari dulu. Padahal belum tentu benar adanya.

Berikut sederet mitos yang masih diyakini masyarakat dan dipraktikkan:

Membedong
Membedong bayi yang baru lahir telah dilakukan oleh para orang tua di Indonesia sejak lama. Meskipun tidak diketahui siapa yang memulai kebiasaan membedong ini, orang tua di Indonesia percaya membedong bayi saat baru lahir hingga beberapa bulan, bisa membuat kaki anak tidak bengkok.

Akan tetapi, alih-alih membuat kaki bayi bagus, membedong justru menghambat perkembangan motorik bayi, sebab tangan dan kaki bayi tidak bisa bergerak bebas. Namun, bagi orang tua yang tetap ingin membedong bayinya, bisa dilakukan ketika selesai mandi atau saat cuaca dingin. Pemakaian bedong pun sebaiknya tidak perlu terlalu ketat dan kencang, cukup dibedung longgar agar kehangatan bayi terjaga.

Larangan Memotong Kuku Bayi Sebelum Berusia 40 Hari
Mitos selanjutnya yang juga masih diyakini hingga kini adalah larangan memotong kuku bayi sebelum berusia 40 hari. Padahal, membiarkan kuku bayi memanjang hingga usianya 40 hari bisa membahayakan bayi itu sendiri.

Pasalnya, kuku yang panjang bisa melukai kulit jari tangan atau kaki bayi dan bahkan mencakar pipi, atau bagian tubuh lainnya. Maka, untuk menghindari hal tersebut, ibu harus memotong kuku bayi dengan menggunakan gunting khusus.

Pakai Babywalker agar Bayi Lebih Cepat Jalan
Alih-alih bisa berjalan lebih cepat, bayi yang lebih banyak menghabiskan waktunya di babywalker hanya akan belajar duduk. Meskipun bisa bergerak dan jalan, ia tidak akan berdiri dengan tegak, dan akhirnya bayi justru lebih lambat jalannya dibanding bayi yang tidak menggunakan baby walker. Penggunaan baby walker justru akan membatasi ruang gerak bayi.

Mandi Air Dingin Bikin Bayi Lebih Kuat
Kebanyakan orang tua beranggapan dan meyakini jika bayi dimandikan dengan air dingin akan membuat bayi tumbuh menjadi anak yang kuat. Anggapan ini kurang tepat, alih-alih mendapatkan anak yang kuat, bayi yang dimandikan dengan air dingin justru akan membuat bayi lebih mudah sakit, karena air dingin dapat membuat pembakaran atau metabolisme bayi lebih meningkat, sehingga makanan yang telah dikonsumsi dalam tubuh akan terkuras demi mengatur suhu tubuh.

Menarik Hidung agar Mancung
Mitos yang terunik ini terdengar cukup lucu, sebab orang tua beranggapan dengan hanya menarik-narik hidung bayi, maka mereka bisa memiliki hidung yang mancung. Padahal, hal tersebut sama sekali tidak berpengaruh, karena hidung yang mancung ditentukan oleh bentuk tulang hidung dan sifat fisik orang tuanya. (okezone.com/Putri) 

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.