oleh

Lakukan 5 Tips Ini Agar Roti Tidak Mudah Berjamur

PortalMadura.Com – Kini roti menjadi salah satu makanan pokok yang disukai di Indonesia. Karena makanan yang satu ini diolah dari tepung dan memang praktis untuk disajikan. Penyimpanannya pun tergolong tak makan tempat. Tak mudah basi pula. Namun, roti juga cenderung berjamur setelah disimpan selama beberapa hari. Terutama jika tidak disimpan dengan cara yang benar.

Dilasnir dari laman Liputan6.Com, Kamis (18/6/2020) berikut ini tips yang bisa Anda coba seperti apa cara menyimpan roti yang benar agar tidak cepat berjamur.

iklan pilbup

Simpan Roti di Tempat Sejuk
Cara menyimpan roti yang pertama adalah selalu menyimpannya di tempat yang sejuk. Roti yang dibiarkan di suhu ruang bisa lebih mudah berjamur. Saat disimpan di tempat yang lembab, jamur akan mudah menempel pada roti.

Bungkus Roti dengan Aluminium Foil
Anda bisa membungkus roti dengan aluminium foil. Potong roti utuh mulai dari bagian tengah ke pinggir. Cara ini berguna untuk menghalangi udara yang dapat membuat roti lebih mudah berjamur. Setelah itu, bungkus roti dengan plastik atau aluminium foil agar kualitas roti tetap terjaga. Kantong kertas tak disarankan untuk digunakan membungkus roti. Sebab, penggunaan kantong kertas bisa membuat udara masuk dan membuat roti jadi keras atau alot. Lebih dianjurkan menggunakan aluminium foil untuk membungkus roti supaya lebih awet dan tak mudah berjamur.

Bekukan Roti dalam Freezer
Roti dapat dimasukkan dalam kantong kedap udara lalu dibekukan dalam freezer. Bila ingin memakan roti, Anda dapat memanaskan roti dengan microwave atau kembali dipanggang menggunakan oven.

Menggunakan Wadah Kedap Udara
Pastikan wadah penyimpan bersih dan kering. Cara ini bisa menjaga roti tetap lembut dan tidak mengeras karena terkena udara. Dan pastinya, menyimpan dalam wadah yang tertutup rapat dapat memperpanjang masa simpan roti meskipun diletakkan di suhu ruangan.

Jangan Membuka Kemasan Roti Apabila Tidak Ingin Segera Mengonsumsinya
Kontak roti dengan udara yang mengakibatkan roti menjadi lembab dan lebih mudah ditumbuhi jamur. Penyimpanan yang kurang tepat memang rawan membuat roti tawar rusak. Oleh karena itu, sebaiknya jangan dulu membuka bungkus roti ketika belum ingin memakannya dan menghabiskan roti dalam waktu relatif singkat, sebab kemasan inilah yang menjaga roti tetap segar. Jika telah membukanya, pastikan untuk menutup kembali kemasan dengan rapat agar kualitas roti tetap terjaga.

Rewriter : Raudatul Fitrah
Sumber : Liputan6.com
Tirto.ID
Loading...

Komentar