Buah Siwalan Bikin Muka Glowing hingga Obat Disfungsi Ereksi

Avatar of PortalMadura.Com
Buah Siwalan Bikin Muka Glowing hingga Obat Disfungsi Ereksi
Buah siwalan (portalmadura.com)

PortalMadura.Com dengan nama lain (ta'al) atau lontar memiliki banyak manfaat terhadap kesehatan tubuh. Salah satunya, membuat muka glowing hingga menjadi obat disfungsi ereksi.

Buah yang masuk ke dalam golongan palma ini banyak tumbuh di daerah tropis, tidak hanya di Indonesia tapi ada di wilayah Asia Selatan dan Asia Tenggara.

Di Indonesia sendiri, pohon siwalan dapat ditemui di sejumlah daerah mulai dari Madura, Jawa, Bali, Sulawesi, hingga Nusa Tenggara.

Buah yang mengandung segudang manfaat itu tak lepas dari kandungan sejumlah nutrisi dan vitamin, seperti; serat, karbohidrat, protein, kalsium, kalium, fosfor, vitamin A, B, dan C.

Berikut manfaat buah siwalan, di antaranya;

1. Menjaga Kesehatan Kulit

Mengonsumsi buah siwalan akan berdampak positif terhadap kesehatan tubuh, yakni akan bebas dari sejumlah masalah kulit seperti jerawat maupun gejala penuaan dini, sehingga muka tetap glowing.

Buah siwalan menjaga kesehatan kulit dihasilkan oleh kandungan vitamin C di dalamnya, yang mana vitamin C tersebut memiliki sifat antioksidan guna melindungi sel-sel kulit dari kerusakan yang dipicu oleh serangan radikal bebas.

2. Mengobati Disfungsi Ereksi

Bagi pria yang mengonsumsi buah siwalan juga dipercaya banyak kalangan adalah dapat mengatasi disfungsi ereksi atau impotensi.

3. Antibiotik

Buah siwalan dikenal sebagai antibiotik alami. Kandungan enzimdi dalam buah segar itu cukup efektif dalam menghambat pertumbuhan mikroorganisme jahat seperti virus dan bakteri yang mengancam kesehatan tubuh.

Selain itu, turut serta memaksimalkan kinerja probiotik atau bakteri ‘baik' dalam melawan bakteri jahat.

4. Antioksidan

Buah siwalan kaya akan kandungan zat antioksidan. Hal ini lantas menghasilkan manfaat buah lontar untuk mencegah stres oksidatif di dalam tubuh, yang mana kondisi itu bisa berujung pada kerusakan sel-sel tubuh.

Kerusakan sel-sel tubuh tentu saja merupakan sesuatu hal yang harus dihindari karena dampaknya bisa memunculkan sel-sel abnormal yang berpotensi menjadi tumor, bahkan bisa berkembang menjadi sel kanker nan berbahaya.

5. Merawat Sistem Pencernaan

Buah siwalan yang mengandung serat, tak heran bila akan mampu merawat kesehatan sistem pencernaan, juga mengatasi sejumlah masalah pada sistem pencernaan seperti sembelit dan diare.

Serat adalah zat yang memiliki fungsi utama untuk memperlancar sistem pencernaan. Serat peptin misalnya. Serat ini bersama dengan bakteri baik pada usus bertugas untuk membentuk asam lemak rantai pendek, yang mana asam lemak ini nantinya akan meregenerasi sel-sel yang ada di dalam usus.

Pelbagai masalah pada sistem pencernaan umumnya lebih disebabkan oleh kurangnya asupan serat ke dalam tubuh, sehingga pastikan asupan serat ke dalam tubuh tetap terpenuhi, salah satunya dengan mengonsumsi buah lontar ini.

6. Mencegah Dehidrasi

Kandungan air pada buah siwalan mencapai 90 persen, menghasilkan manfaat untuk mencegah tubuh agar tidak kekurangan cairan atau dehidrasi.

Guna fungsi tubuh secara keseluruhan dapat berjalan optimal, tubuh memerlukan asupan cairan yang memadai. Dengan mengonsumsi buah lontar secara rutin, cairan tubuh yang hilang akan senantiasa tergantikan.

7. Merawat Fungsi Hati dan Ginjal

Tingginya kadar air pada buah siwalan menjadikan buah yang satu ini efektif dalam merawat fungsi hati dan ginjal, serta mencegah keduanya dari pelbagai penyakit.

Hati dan ginjal adalah 2 organ vital yang perlu dijaga kesehatannya. Dua organ tersebut berperan dalam proses pengolahan dan pembuangan limbah atau racun tubuh hasil dari makanan yang dikonsumsi.

8. Mengobati Diabetes

Bagi penderita penyakit gula darah atau diabetes, mengonsumsi buah siwalan sangat disarankan. Buah siwalan mengandung glikemia dalam jumlah rendah sehingga dapat membantu tubuh untuk mengendalikan kadar gula darah.

Tak hanya buahnya, akar pohon siwalan apabila diekstraksi juga membantu agar kadar gula di dalam darah tetap terkendali.

9. Meningkatkan Kesuburan

Bagi pria yang mengonsumsi buah siwalan juga dipercaya bisa meningkatkan, baik kualitas maupun kuantitas sperma.

Memang, belum ada studi yang secara khusus meneliti manfaat buah siwalan untuk kesuburan pria. Namun, tak ada salahnya jika memasukkan buah siwalan ke dalam menu sehat sehari-hari selama program hamil.

10. Sumber Energi

Kendati kandungan gula di dalam buah lontar tergolong sedikit, namun hal ini sudah cukup untuk menjadikan buah siwalan sebagi sumber energi yang baik bagi tubuh.

Sebagaimana diketahui, gula adalah salah satu komponen yang dibutuhkan oleh tubuh sebagai ‘bahan bakar' agar tubuh dapat menjalankan fungsinya dengan baik.

11. Menghilangkan Stres

Manfaat buah siwalan yang juga tak kalah penting adalah untuk menghilangkan stres. Sensasi segar yang dihasilkan turut memengaruhi suasana hati atau mood menjadi lebih baik dan bersemangat.

Hal ini tak lepas dari kandungan vitamin C di dalamnya. Menurut penelitian, vitamin C efektif dalam meningkatkan mood pasien rawat inap. Hal yang sama bisa saja berlaku untuk siapapun yang mengonsumsi vitamin C secara rutin. (berbagai sumber).

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.