oleh

Bumil, Ini 7 Cara Rawat Kulit Secara Alami

Portalmadura.Com – Masa kehamilan bagi seorang wanita merupakan anugerah yang patut disyukuri. Karena hal demikian tidak bisa dirasakan semua wanita. Oleh karena itu, wanita hamil perlu menjaga kesehatannya.

Namun bukan hanya kesehatan diri dan bayinya yang perlu dijaga, tapi juga kulitnya. Saat hamil, bentuk badan akan berubah. Biasanya akan mengalami kondisi kulit berjerawat, kusam atau berminyak. Hal ini biasanya disebabkan adanya perubahan hormon pada wanita hamil.

Gempur Rokok Ilegal Pemkab Sumenep

BACA : Jelang Liga 3 Jatim 2021, Madura FC Masih Butuh Empat Laga Uji Coba

Untuk menjaga kesehatan kulit dan mengatasi masalah kulit yang dialami saat hamil, ibu hamil harus melakukan beberapa perawatan kulit yang aman dengan cara alami. Apa saja? Sebagaimana dilansir PortalMadura.Com dari laman fimela.com, berikut ini penjelasannya:

Mengonsumsi Makanan Bergizi

Cara merawat kulit yang pertama, yaitu mengonsumsi makanan yang bergizi secara rutin. Makanan bergizi seperti sayuran hijau, buah-buahan, dan biji-bijian, memiliki kandungan yang kaya akan vitamin dan mineral, yang bersifat sebagai antioksidan.

Mengonsumsi makanan bergizi saat hamil, membantu menjaga kesehatan kulit wajah agar terhindar dari masalah kulit. Kandungan yang terdapat dalam makanan bergizi, mampu menghidrasi dan menjaga kelembapan kulit, sehingga terhindar dari tanda-tanda penuaan dini yang dialami pada kulit ibu hamil.

Gunakan Minyak Alami

Untuk merawat kulit wajah secara alami, ibu hamil bisa menggunakan minyak alami seperti minyak zaitun, minyak jojoba, dan minya tanah. Minyak tersebut dapat diaplikasikan ke kulit wajah, dengan cara memijatkan minyak tersebut keseluruh wajah, lalu diamkan selama 20 menit dan bilas dengan air bersih.

Minyak alami berfungsi untuk menjaga kelembapan kulit, melancarkan sirkulasi darah di wajah, menghidrasi kulit, menjaga elastisitas kulit dan mengatasi kulit kering.

Gunakan Madu

Selain menggunakan minyak alami, ibu hamil bisa menggunakan madu alami untuk memijat kulit wajah. Madu memiliki kandungan senyawa antioksidan, yang bisa membantu mencegah tanda-tanda penuaan dini pada kulit wajah.

Madu alami dapat diaplikasikan di wajah yang sudah dibersihkan, lalu pijat wajah selama 5 menit dengan madu. Kemudian diamkan selama 15 hingga 20 menit dan bilas dengan air sampai bersih.

Mengonsumsi Air Putih

Cara merawat kulit ibu hamil yang selanjutnya, yaitu rutin mengonsumsi air putih, sesuai dengan kebutuhan cairan di dalam tubuh. Ibu hamil sangat mudah mengalami dehidrasi, dan membutuhkan banyak cairan di dalam tubuh. Jika kekurangan cairan atau dehidrasi, dapat berpengaruh terhadap kesehatan kulit dan janin.

Agar tetap terhidrasi, lebih baik konsumsi air putih minimal 2 liter sehari, atau setara dengan 10 gelas air putih sehari. Air putih juga membantu memperbaiki skin barrier yang rusak, meningkatkan kolagen dan memperlancar persalinan.

Olahraga Rutin

Walaupun sedang hamil, tetapi harus tetap melakukan olahraga dengan rutin. Olahraga bisa membantu meningkatkan hormon endorfin, yang meningkatkan suasana hati ibu hamil menjadi lebih baik. Olahraga juga bisa melancarkan sirkulasi udara dalam darah, untuk mengatasi tanda-tanda penuaan dini pada kulit.

Ibu hamil bisa melakukan olahraga dengan intensitas sedang, seperti berenang, jalan-jalan, yoga ringan, dan senam hamil. Rutin olahraga juga membantu membuat pikiran menjadi lebih rileks dan tubuh berkeringat, sehingga terhindar dari kulit berjerawat yang disebabkan oleh stres dan pori-pori tersumbat.

Dapatkan Berita terbaru dari kami via Telegram

Komentar