Bunda, 2 Cara Mudah Ciptakan Anak Suka Baca Buku

Avatar of PortalMadura.com
Bunda, 2 Cara Mudah Ciptakan Anak Suka Baca Buku
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Seperti yang diketahui, buku merupakan sumber ilmu. Lewat membaca buku kita bisa mengetahui seluruh isi dunia. Bahkan dengan buku, beragam informasi yang sifatnya mendidik sampai menghibur juga bisa didapatkan.

Meski demikian, bukan hal yang mudah menumbuhkan rasa cinta untuk membaca buku. Terutama anak-anak, yang kini lebih suka bermain gadget. Namun, Anda tak perlu khawatir, masih ada cara mudah untuk menumbuhkan rasa cinta anak pada buku. Berikut dua cara yang bisa Anda lakukan untuk menumbuhkan rasa suka anak membaca buku.

Baca Juga

Salah seorang ahli dan penerjemah buku, Rossie Setiawan mengatakan bahwa orang tua bisa menumbuhkan rasa cinta anak pada buku mulai dari memperdengarkan cerita dengan mendongeng.

Selain itu, ia juga menyebutkan bahwa cara lain agar anak suka membaca buku yakni dengan memunculkan suasana kondusif untuk membaca di keluarga atau dengan cara menumbuhkan kebiasaan membaca lantang atau read aloud.

Mendongeng
Menurut Rossie, tujuan mendongeng yakni menumbuhkan kecintaan anak pada cerita dan bahasa. Biasanya orang tua membacakan dongeng tanpa melihat buku.

Aktivitas mendongeng ini menceritakan cerita dengan bahasa orang tua yang lebih lugas dan menghibur anak.

Membaca Lantang atau Read Aloud
Berbeda dengan mendongeng, membaca lantang atau read aloud bertujuan untuk menumbuhkan kecintaan anak pada buku. Cara membacakan dongeng dengan read aloud pun berbeda. Read aloud membacakan buku dengan lantang dan memerlukan buku fisik sebagai media bacanya.

“Itu (read aloud) membuat membaca menjadi menyenangkan, jadi seperti meng-entertainment, menghidupkan,” katanya.

Tanda baca memiliki peranan penting dalam read aloud. Untuk para ibu yang baru menggunakan teknik read aloud, maka gunakanlah tanda baca yang ada. Secara sederhana, tanda baca itu menghantarkan kita kepada cara baca yang menjadi ekspresif. Sehingga anak tahu cara yang membaca yang benar.

“Pada read aloud, tanda baca itu kunci, tanda baca itu salah satu unsur yang ada dalam kegiatan belajar membaca,” ucap Rossie.

Dua kegiatan ini, diakui Rossie memiliki manfaat yang baik untuk menumbuhkan rasa cinta anak pada kegiatan membaca buku. Semoga bermanfaat. (viva.co.id/Nanik)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.