Bunda, Anak Remaja Anda Sering Melawan? Ikuti 3 Trik Cerdas Ini

Bunda Anak Remaja Anda Sering Melawan Ikuti 3 Trik Cerdas Ini
ilustrasi
    Bagikan:

PortalMadura.Com – Terjebak dalam pertengkaran yang berkepanjangan dengan anak-anak pasti pernah dialami sebagian orang tua. Apalagi anak mereka sudah mulai beranjak remaja. Nah, hal pertama yang perlu dipahami bahwa orang tua dan anak tidak sedang bermain menang dan kalah.

Maka dari itu sebagai sosok yang lebih dewasa, Anda dibebani tanggung jawab membesarkan anak. Masa depan anak Anda tidak akan cerah jika terus berselisih paham dengan Anda. Di sisi lain, anak tidak memikirkan masa depannya dan terus saja melawan Anda.

Bahkan, terkadang anak remaja seringkali bertengkar karena ingin mundur dari aturan-aturan orang tua yang membosankan. Sedangkan Anda seringkali bertengkar dengan mereka karena menaruh harapan terlalu tinggi. Jadi, apa yang bisa Anda lakukan ketika anak kesekian kalinya menentang Anda?.

Berikut tiga cara penting yang perlu dilakukan orang tua ketika anak menentang, menurut seorang psikoterapis spesialis anak remaja dan dewasa muda, Ugo Uche:

Jangan Samakan Anak dengan Anda
Aturan untuk anak dibuat bukan hanya berdasarkan pemikiran Anda, melainkan pertumbuhan remaja. Pendekatan welas asih dan menempatkan tanggung jawab berada di tangan anak Anda yang bisa mengarahkan perilakunya tanpa merasa dirinya sedang dicecar.

Contoh kalimatnya adalah: “Alasan ayah menetapkan jam malam supaya kamu bisa menjaga diri dan disiplin. Apakah kamu tidak setuju dengan ayah? Jika benar, ayah ingin tahu mengapa?”.

Kenali dan Bantu Anak Menemukan Tujuan Masa Depan
Anak Anda mendapatkan nilai bagus di sekolah. Apa tujuannya?. Apakah masa depannya bergantung pada nilai bagus hari ini?. Bantulah anak Anda menemukan cita-cita dan tujuan mereka di masa depan.

Ketika mereka menjawab tidak tahu atau belum tahu, Anda bisa menjelaskan hal itu, karena mereka kurang persiapan. Orang tua membantu mengidentifikasi tujuan dan harapan anak untuk masa depannya juga memperkuat ikatan keluarga.

Diskusi dan Setujui Aturan Bersama yang Sesuai untuk Anak Remaja
Orang tua dan anak bisa membuat peraturan bersama. Tentunya hal ini punya konsekuensi masing-masing jika dilanggar. Apalagi remaja pemberontak biasanya mandiri.

Saat orang tua berhadapan dengan anak remaja dengan jiwa suka memberontak atau sering berbeda dengan orang tuanya, tujuan dan sasaran realistis harus dijelaskan untuk kesuksesan mereka di masa depan. Hal ini akan mempermudah anak remaja mematuhi aturan kedua orang tuanya. (republika.co.id/Salimah)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.