Bunda, Ini 4 Cara Efektif Tangani Remaja ‘Zaman Now’ Menurut Islam

Avatar of PortalMadura.com
Bunda, Ini 4 Cara Efektif Tangani Remaja 'Zaman Now' Menurut Islam
ilustrasi

PortalMadura.Com – Mendidik seorang anak agar menjadi pribadi yang berakhlak tentu bukan perkara yang mudah. Apalagi di zaman sekarang ini, banyak ditemui anak suka membentak dan menentang nasihat orang tuanya.

Bahkan, banyak dari mereka yang sudah tidak memiliki sopan santun. Maka dari itu, orang tua perlu mencari cara yang tepat untuk mendidik anak sesuai dengan karakternya, khususnya anak remaja.

Berikut empat cara menangani anak remaja ‘zaman now:

Jangan Menghakimi
Jika mereka datang kepada Anda untuk meminta saran dan memercayai Anda untuk mendengarkan cerita mereka, jangan langsung menghakimi tentang keputusan atau pandangan mereka.

Namun, jangan ragu pula untuk mengungkapkan pendapat Anda. Terpenting adalah umpan balik yang positif dan konstruktif, membantu mengarahkan remaja Anda ke arah yang benar.

Kenali Mereka
Luangkan waktu untuk mengenal bagaimana pertumbuhan mereka. Pelajari kepribadian, minat, dan tujuan untuk mendapatkan kepercayaan anak remaja Anda.

Mendukung dan Mendorong Mereka
Beri apresiasi pada setiap kerja keras anak remaja Anda. Mentoring anak remaja sangat bermanfaat, namun butuh banyak waktu dan kesabaran. Maka dari itu, tetaplah sabar dan biarkan mereka berkreasi.

Dengarkan
Mendengarkan adalah hal yang paling penting. Luangkan waktu untuk benar-benar mendengarkan apa yang anak remaja Anda katakan. Miliki kontak mata yang baik dan gunakan postur alami Anda untuk terlihat tertarik dengan apa yang mereka bicarakan. (okezone.com/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.