oleh

Bunda, Ini Cara Ajarkan Pendidikan Seks Pada Anak Remaja

PortalMadura.Com – Beberapa orangtua nampaknya menganggap bahwa pendidikan seks bagi anak masih tabu. Padahal, pendidikan seks sejak dini dapat memberikan pengetahuan dan mencegah anak mencari informasi tentang seks yang belum tentu akurat sumbernya.

Dalam hal pendidikan seks ini keluarga memiliki peran utama karena kehidupan anak dimulai dari lingkungan terdekat mereka, yaitu orang tua. Dilansir dari laman Popmama.Com, Jumat (26/3/2021), berikutcara ajarkan pendidikan seks pada anak remajan Anda:

Belajar Melalui Cerita

Anda dapat menggunakan boneka untuk mengenalkan bagian-bagian tubuh pada si Anak. Misalnya bagian bibir dan dada. Beri tahu juga mana bagian-bagian tubuh yang boleh dipegang dan tidak boleh dipegang orang lain.

Belajar Melalui Musik

Kenalkan anak pada lagu-lagu edukatif. Misalnya, lagu tentang mengenali bagian-bagian tubuh dan lagu mencegah pelecehan seksual pada anak.

Ajari Anak Tanda-tanda Bahaya

Tak hanya mengenal bagian tubuh pada anak, pendidikan seks juga menyangkut tentang pelecehan seksual yang bisa saja terjadi kapanpun dan dimanapun. Anda perlu memberi tahu tanda bahaya agar anak mama bisa waspada.

Ajak Anak Untuk Selalu Berdiskusi

Komunikasi merupakan kunci dalam hubungan orangtua dan anak. Sebagai orang tua Anda perlu mengajak anak diskusi. Misalnya, dengan bercerita tentang kegiatan sehari-hari anak di sekolah atau lingkungan pertemanan.

Rewriter : Raudatul Fitrah
Sumber : Popmama.Com

Komentar