oleh

Bunda, Ini Cara Mengatasi Si Kecil Yang Suka Menggigit Saat Menyusu

PortalMadura.Com – Salah satu tantangan yang sering dialami ibu menyusui adalah bayi suka menggigit saat menyusu. Meski normal terjadi, kebiasaan bayi tersebut tentu membuat banyak ibu menyusui merasa tidak nyaman.

Ada beberapa cara untuk mengatasi bayi suka menggigit saat menyusu. Dilansir dari laman Alodokter.Com, Kamis (22/4/2021), cara yang digunakan tergantung pada usia bayi dan seberapa jauh ia dapat memahami. Berikut ini adalah caranya:

Tidak Bereaksi Berlebihan

Saat puting tergigit, Anda mungkin akan kaget dan tiba-tiba menjerit. Reaksi ini juga bisa membuat Si Kecil kaget, kemudian menangis dan menolak menyusu kembali. Cara menyikapinya adalah tetap tenang dan katakan secara perlahan bahwa mengiggit membuat Anda kesakitan dan ia sebaiknya tidak melakukannya lagi. Meski Si Kecil belum tentu mengerti perkataan Anda, tetapi ia akan memahami dari gerakan yang Anda lakukan.

Memijat Gusi Bayi

Jika Si Kecil menggigit karena sedang tumbuh gigi, pijat gusinya dengan jari yang bersih. Anda juga bisa memberikan Si Kecil mainan teether sebelum atau sesudah menyusui untuk meredakan rasa gatal pada gusi.

Menyusui Di Tempat Tenang

Menyusui di tempat tenang dapat mengurangi berbagai hal yang dapat mengalihkan perhatian Si Kecil saat menyusu. Saat memberikan ASI, Anda bisa memberikan perhatian penuh dengan melakukan kontak mata dan mengajaknya berbicara.

Memerah Sebelum Disusui

Anda bisa mencoba untuk memijat payudara sebelum memberikan ASI. Anda juga bisa memerah sebentar agar ASI mengalir, sehingga Si Kecil tidak perlu bersusah payah saat menyusu.

Melepas Payudara

Saat puting tergigit, Anda pasti ingin menarik payudara sesegera mungkin. Untuk melepaskan payudara, selipkan jari Anda di sudut mulut bayi, lalu lepaskan puting secara perlahan. Anda juga bisa mendorong Si Kecil ke dada, menekan sebentar wajahnya ke payudara yang menutupi hidung dan mulutnya. Cara ini otomatis membuatnya membuka mulut dan melepaskan isapan.

Komentar