Bunda, Pahami 3 Fase Usia Anak Untuk Tunjukkan Rasa Sayang Anda

Avatar of PortalMadura.Com
Bunda, Pahami 3 Fase Usia Anak Untuk Tunjukkan Rasa Sayang Anda
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Sebagai orang tua pastinya ingin selalu memberikan yang terbaik untuk , menuruti apa yang menjadi permintaan si buah hati, dan semua itu merupakan ungkapan rasa sayang orang tua terhadap anak. Beberapa hal yang biasa orang orang tua berikan, seperti memberinya uang, mengajak liburan, menonton bioskop dan sebagainya.

Namun semua itu hanyalah pemenuhan kebutuhan materi dan kesenangan dunia bagi anak. Sebenarnya ada banyak hal yang paling dibutuhkan si kecil sesuai dengan umur mereka. Apa saja?.

Berikut ulasannya:

0 – 5 tahun
Menurut penelitian perkembangan otak manusia mengalamai perkembangn paling pesat pada umur 0 sampai 5 tahun pertama usia kehidupan, di masa-masa ini segala bentuk cedera serta kekurangan nutrisi penting bagi perkembangan otak dapat berdampak buruk bagi pertumbuhan serta kecerdasan seseorang. Oleh karena itu, pada masa ini rasa sayang serta kepedulian orang tua sebaiknya ditujukan dengan cara:

1. Memberikan ASI Ekslusif
ASI ekslusif berarti memberikan ASI kepada seorang anak tanpa tambahan apa pun. Pemberian ASI ekslusif idealnya dapat diberikan kepada anak dari mulai usia 0 hingga dia mencapai usia 6 bulan, karena pada usia ini sistem pencernaan bayi masih belum berkembang dengan sempurna sehingga ASI adalah makanan terbaik yang dapat diberikan oleh ibu kepada bayinya.

2. Memberikannya Asupan Makanan Tambahan
Setelah menginjak usia 1 – 5 tahun bayi mulai dapat diberikan asupan makanan tambahan yang lembut selain ASI. Makanan pendamping ASI sangat banyak dijual di tempat-tempat perbelanjaan, namun sebelum memilih makanan pendamping ASI sangat disarankan Anda untuk bijaksana memilihnya, jangan tergoda untuk menjadikan anak Anda “kelinci percobaan” bagi perusahaan makanan bayi yang menjanjikan kandungan gizi lengkap. Pilihlah hanya perusahaan produsen makanan yang telah memiliki reputasi baik meski harga yang ditawarkan relatif lebih mahal.

3. Pada Usia 5 Tahun ke Atas
Pada masa ini orang tua dapat mulai memperkenalkan anaknya untuk bersosialisasi dengan orang lain, menyekolahkan anak adalah cara tepat yang dapat Anda lakukan untuk membantu mereka bersosialisasi dengan orang lain. Saat ini ada program pemerintah SPAUD (Sekolah Pendidikan Anak Usia Dini). Anda dapat mengikutsertakan anak Anda ke dalamnya sehingga dia jadi bisa memiliki dunia baru dan memiliki banyak teman.

Usia 5 – 10 tahun
Pada usia 5 tahun ke atas kemampuan komunikasi anak telah berkembang dengan baik. Orang tua yang betul-betul menyayangi buah hatinya pasti akan berusaha dengan sebaik mungkin agar perkembangan mental, emosi, moral serta rohani anaknya dapat berkembang dengan baik. Hal-hal yang dapat dilakukan oleh para orang tua untuk menunjukkan rasa sayang kepada buah hati mereka pada anak usia ini adalah:

1. Komunikasi yang Baik
Anak di usia ini serba ingin tahu, di dalam benaknya segala hal yang terjadi di sekelilingnya benar-benar menggoda isi hatinya untuk mengetahuinya. Sebagai orang tua Anda harus memahami hal ini. Cara Anda bertanya serta memberikan jawaban kepadanya hendaknya menunjukkan kedewasaan kita sebagai orang tua, komunikasi dua arah yang terjadi dengan anak Anda haruslah terjalin dengan sebaik mungkin, janganlah membuat jarak dengan mereka.

2. Memenuhi Kebutuhannya Akan Fasilitas
Ketika memasuki sekolah dasar kebutuhan mereka akan fasilitas untuk menunjang pendidikannya akan semakin bertambah. Kebutuhan akan buku-buku pelajaran, komputer, dan sebagainya orang tua harus mampu memenuhinya sehingga mereka tidak sampai ketinggalan oleh teman-temannya atau merasa minder.

3. Hiburan yang Sehat dan Bermanfaat
Anak-anak paling suka bermain karena memang itu dunianya, ketika orang tua ingin membelikan mainan untuk hiburan mereka hendaknya dapat dipertimbangkan terlebih dahulu aspek edukasinya, jangan sampai mainan yang Anda belikan justru tidak bermanfaat apa-apa untuk mereka, atau malah dapat membahayakan diri mereka.

Usia 10 – Hingga Remaja
Masa peralihan dari anak-anak menuju remaja adalah masa yang paling kritis dalam kehidupan seseorang. Perubahan hormonal, ketertarikan terhadap lawan jenis, tuntutan hidup yang lebih beragam membuat seorang anak bisa merasa kewalahan menghadapinya. Orang tua yang penuh kasih tidak boleh tinggal diam dan Anda harus terus membantunya, namun cara menunjukkan rasa sayang Anda kepada mereka yang telah beranjak remaja tentunya sudah tidak lagi sama ketika mereka masih anak-anak dulu, Anda dapat menunjukkannya dengan cara:

1. Menjadi Sahabat yang Baik
Meskipun dia adalah anak Anda, namun cara berpikir mereka sudah mulai kritis, Anda tidak boleh menganggap mereka sebagai anak-anak lagi. Berikan mereka kebebasan bertindak, bertanggung jawab terhadap keputusannya, namun arahan dari Anda tetap harus Anda berikan. Anggaplah mereka pada masa ini sebagai sahabat Anda, ajaklah mereka untuk berdiskusi akan suatu permasalahan dan mintailah pendapat dari mereka.

2. Menjadi Pendengar dan Pemberi Solusi yang Baik
Permasalahan yang dihadapinya akan semakin beragam, terkadang mereka tidak mampu mengatasinya seorang diri. Sebagai orang tua jadilah pendengar yang baik dan berikan solusi-solusi yang baik untuk mengatasi permasalahan yang sedang dihadapinya.

3. Menyekolahkannya ke Jenjang yang Lebih Tinggi
Persaingan hidup serta kompetisi dalam dunia kerja nantinya mengharuskan seseorang untuk memiliki pendidikan yang baik dan bila Anda sungguh-sungguh menyayangi buah hati Anda, cara yang dapat Anda tunjukkan adalah dengan menyekolahkannya ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi. (keluarga.com/Desy)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.