Bunda Perlu Tahu, Ini 7 Fakta Tentang Kutu Rambut Pada Anak

Avatar of PortalMadura.Com
7 Fakta Tentang Kutu Rambut Pada Anak
7 Fakta Tentang Kutu Rambut Pada Anak.(lustrasi/PortalMAdura.com)

PortalMadura.Com – Saat ini ada kutuan rasanya sudah bukan jamannya. Karena biasanya meskipun anak-anak, sekarang sudah mengenal yang namanya spa rambut, creambath dan segala jenis perawatan rambut.

Namun faktanya memang masih ada anak-anak yang memiliki kutu di rambutnya. Jangan langsung khawatir saat tahu anak kutuan, coba atasi anak dengan tenang dan sabar. Selain itu, ini beberapa fakta mengenai kutu rambut anak. Apa saja?

7 Fakta Tentang Kutu Rambut Pada Anak

Berikut ulasannya:

Kutu Rambut Hidup Selama 28 Hari

Kutu hidup selama sekitar 28 hari. Mereka berkembang dalam tiga fase yaitu telur (nit), nimfa, dan kutu. Telur menetas dalam enam hingga sembilan hari dan biasanya ditemukan dalam beberapa milimeter kulit kepala. Nimfa terlihat seperti kutu dewasa tapi jauh lebih kecil, seukuran kepala peniti dan jadi dewasa sekitar tujuh hari kemudian.

Kutu dewasa yang seukuran biji wijen dapat berkembang biak dengan cepat dan meletakkan hingga 10 telur sehari. Lalu, butuh sekitar 12 hingga 14 hari untuk telur kutu menetas hingga mencapai usia dewasa.

Kutu Tidak Ditularkan Lewat Udara

Kutu rambut manusia tidak bisa melompat atau terbang. Cara penyebaran kutu yaitu kontak jarak dekat, bisa juga lewat sikat, topi, helm atau aksesori rambut. Hanya karena satu anak memiliki kutu bukan berarti seluruh keluarga akan terkena kutu juga.

Kecuali anggota keluarga melakukan kontak langsung dengan anak yang telah terinfeksi kutu atau sharing aksesori rambut.

Kutu Rambut Hanya Hidup di Kepala

Kutu bisa terlihat dengan mata telanjang. Tapi Bunda perlu tahu, kutu rambut tidak bakal pindah ke bagian tubuh lain. Telur kutu juga bersemayam di kepala. Nah, telur kutu paling sering ditemukan di kepala bagian belakang dekat leher atau di belakang telinga.

Perbedaan Telur Kutu dan Ketombe

Kutu dapat dibedakan dari ketombe. Telur kutu terlihat seperti bercak kecil berwarna putih atau kuning kecokelatan dan melekat erat pada rambut di dekat kulit kepala. Kemudian, telur kutu tidak akan tersisir biasa seperti ketombe.

Baca Juga: Model Rambut Anak Laki-laki

Binatang Peliharaan Bukan Sumber Kutu Rambut

Binatang peliharaan bukan sumber penyebaran kutu rambut. Kutu rambut manusia hanya disebarkan dari manusia, bukan binatang peliharaan. Hal ini karena kutu rambut manusia dengan kutu rambut binatang berbeda spesies.

Rambut Kotor Bukan Penyebab Anak Kutuan

Rambut kotor bukan jadi penyebab anak kutuan Bun. Memang, kutu butuh kepala sebagai tempat hidup dan anehnya kutu suka dengan kepala yang bersih. Kutu memiliki rentang hidup yang sangat pendek dan harus sering makan untuk tetap hidup. Oleh karena itu rambut bersih menjadi sasarannya.

Tak Perlu Berlebihan Mencegah Kutu Rambut

Anda tidak perlu berlebihan mengatasi kutu rambut. Jika anak kutuan, cuci pakaian, seprai, sikat dan aksesori rambut yang mereka gunakan. Jangan lupa, rajin-rajin membersihkan boneka untuk membunuh kutu yang aktif mati dan jauhkan sementara boneka dari jangkauan anak. Setelah kutu mati, Anda tidak perlu mengganti furnitur, kasur, dan membersihkan seluruh lemari anak.

Hal ini karena kutu hanya hidup sekitar dua hari ketika mereka keluar dari kepala. Jadi tidak perlu khawatir ya, Bun.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.