Bunda, Tanamkan Rasa Nasionalisme Pada Si Kecil dengan 5 Cara Ini

  • Bagikan
Rasa nasionalisme
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Orang tua pasti akan bangga jika anak punya rasa cinta terhadap tanah air, sehingga hal itu akan berpengaruh pada perilaku si kecil kelak. Oleh karena itu, sangat penting untuk menanamkan rasa nasionalisme mulai dini pada anak.

Ternyata, untuk menanamkan rasa nasionalisme pada si kecil tidak perlu dengan cara keras atau kasar. Lakukan beberapa cara seru ini agar rasa nasionalisme anak tumbuh dengan tidak disadarinya. Penasaran?

Berikut ini caranya:

Ajak Anak Nonton Film Edukasi Indonesia
Tidak kalah dari negara-negara lain, industri film di Indonesia juga semakin berkibar. Agar anak-anak bisa makin mencintai tanah airnya, Anda bisa mengajak mereka nonton film sejarah atau edukasi. Misalnya film ‘Kartini’ atau ‘Soekarno’ yang menceritakan jasa pahlawan nasional.

Atau, si kecil juga bisa Anda ajak nonton film seperti ‘Laskar Pelangi’ dan ‘Cahaya dari Timur’ yang bisa menyemangati anak untuk belajar dan berprestasi setinggi mungkin.

Setelah film selesai, Anda juga bisa mengajak anak diskusi tentang isi film tersebut. Asyik juga kan, bisa ngobrol dan diskusi seru bareng si kecil tentang film edukasi Indonesia. Selain quality time-an, Anda juga bisa berbagi pemikiran dengan anak.

Mengunjungi Museum
Salah satu cara untuk menumbuhkan rasa nasionalisme anak yaitu dengan mengajaknya mengunjungi museum-museum yang ada di Indonesia. Misalnya di Jakarta, beberapa pilihan museum yang bisa dijadikan tujuan yaitu:

1. Museum Nasional Indonesia yang berisi koleksi sejarah Indonesia seperti prasasti dan keramik.
2. Museum Fatahillah yang berisi penjelasan sejarah berdirinya kota Jakarta.
3. Museum Wayang yang berisi lebih dari 4.000 koleksi wayang dari berbagai negara, terutama dari Indonesia.

Mengunjungi museum bisa disebut juga cara murah meriah mengajak anak refreshing sambil menambah pengetahuan.

Mengenalkan Cerita Rakyat Indonesia
Anak-anak umumnya senang banget kalau dibacakan cerita. Terlebih bila ceritanya disampaikan dengan memakai hand puppet misalnya. Wah, cerita yang disimak mereka bisa lebih seru lho. Untuk menanamkan nasionalisme, Bunda bisa membacakan cerita rakyat dari Indonesia seperti kisah Timun Mas, Tangkuban Perahu, dan Rara Jonggrang.

Jika tidakk ada hand puppet atau alat peraga, menjadikan cerita rakyat semacam ini sebagai cerita pengantar tidur juga bisa jadi kegiatan yang seru lho. Ada banyak hal yang bisa anak pelajari dari cerita rakyat seperti nilai budaya dan pentingnya berbuat baik kepada sesama.

Mencoba Permainan Tradisional
Kehadiran gadget bisa membuat si kecil ketagihan dan malas keluar rumah. Coba kurangi ketergantungan anak pada gadgetnya dengan mengajak dia main permainan tradisional. Di rumah, Bunda bisa mengajak anak main bola bekel, congklak atau membuat dampu dari plester. Bahkan saat ini udah ada dampu yang tercetak di karpet lho, Bun.

Di luar ruangan, Bunda bisa mengajak anak main mainan tradisional seperti gobak sodor, engklek, kelerang, dan lompat tali. Permainan tradisional dapat menumbuhkan jiwa sportivitas dan kerjasama.

Mencicipi Aneka Kuliner Indonesia
Menanamkan nasionalisme pada anak lewat makanan? Bisa banget. Anda bisa beri tahu anak Indonesia kaya sekali akan budayanya termasuk makanan khas di tiap daerah. Bila sedang ke luar kota bareng anak, jangan lupa ajak mereka mencicipi makanan khas daerah itu, Bun. Atau sekarang kan sudah banyak juga rumah makan atau tempat yang menyajikan makanan khas suatu daerah.

Tidak ada salahnya untuk mengisi waktu luang Anda ajak anak mencicipi aneka kuliner khas Indonesia. Sebelum mengajak anak mencicipi kulinernya langsung, bisa juga Anda ajak mereka browsing tentang makanan itu. Bahkan bahasan soal kuliner khas ini bisa juga jadi bahan diskusi lho. (haibunda.com/Desy)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.