Berikut 5 Cara Aman Berjemur pada Ibu Hamil yang Wajib Anda Ketahui

Avatar of PortalMadura.com
Berikut 5 Cara Aman Berjemur pada Ibu Hamil yang Wajib Anda Ketahui
Ilustrasi (klikdokter.com)

PortalMadura.Com – Sudah menjadi rahasia umum bahwa salah satu cara untuk mendapatkan vitamin D secara alami adalah dengan di bawah sinar matahari. Namun, terlalu lama dan terlalu sering terpapar sinar ultraviolet yang menyengat itu juga tidak baik, terutama bagi .

Berjemur saat hamil dapat memberi dampak positif, seperti membantu tumbuh kembang janin dan menurunkan risiko darah tinggi pada ibu hamil. Vitamin D yang terkandung pada sinar matahari juga bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, kesehatan mata, dan tulang ibu hamil. Meski banyak memiliki dampak positif bagi kesehatan, namun bila Anda berjemur dengan cara yang tidak tepat, kemungkinan besar kegiatan berjemur justru dapat menyebabkan risiko.

Agar kegiatan berjemur ibu hamil tidak berdampak buruk, ada beberapa hal yang harus dilakukan. Dilansir dari laman Alodokter.Com, Sabtu (5/9/2020) berikut pada ibu hamil.

Oleskan Tabir Surya atau Sunscreen

Hal pertama yang wajib ibu hamil lakukan adalah menggunakan tabir surya atau sunscreen dengan minimal SPF 30. Hal ini bermanfaat untuk mengurangi risiko kulit menjadi terbakar dan mencegah kanker kulit.

Saat memilih sunscreen, ibu hamil disarankan menghindari produk yang mengandung oxybenzone dan minyak. Ulangi pemakaian tabir surya setiap dua jam sekali.

Baca Juga: 36 Tanda Tanda Hamil Yang Perlu Anda Tahu

Hindari Bagian Perut Terbuka

Garis hitam di perut atau linea nigra dapat terjadi pada ibu hamil. Untuk menghindari garis hitam semakin gelap, ibu hamil disarankan menggunakan pakaian atau pelindung yang dapat menutupi bagian perut.

Kenakan Pakaian yang Longgar

Kenakan pakaian yang longgar dengan warna yang terang untuk melindungi kulit ibu hamil dari paparan sinar matahari langsung. Selain itu, ibu hamil juga disarankan untuk menggunakan topi dan kacamata hitam saat berjemur.

Mencukupi Kebutuhan Cairan

Jangan lupa juga untuk tetap mencukupi kebutuhan cairan saat berjemur. Hal ini bermanfaat untuk mencegah ibu hamil mengalami dehidrasi. Paling bagus perbanyak minum air putih.

Batasi Waktu Berjemur

Meskipun ibu hamil dianjurkan untuk berjemur di bawah sinar matahari, namun tetap batasi durasinya. Jangan sampai ibu hamil berjemur terlalu lama. Ibu hamil bisa berjemur pada pagi dan sore hari dengan durasi 5-10 menit sebanyak 2-3 kali seminggu.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.