Cara Ampuh Gemukkan Badan Secara Alami

Avatar of PortalMadura.com
Penulis: Tim PortalMadura.comRewriter: Fianolita Purnaningtias
Cara-Ampuh-Gemukkan-Badan-Secara-Alami
Ilustrasi (sehatq.com)

PortalMadura.Com – Memiliki tubuh yang terlalu kurus sering kali berdampak pada menurunnya rasa percaya diri. Oleh karena itu, Anda disarankan untuk meningkatkan berat badan agar kondisi kesehatan Anda tetap terjaga. Ada beberapa cara menggemukkan badan secara alami yang dapat dilakukan, terutama bagi Anda yang ingin meningkatkan berat badan dan memiliki berat badan ideal.

Serupa situasinya dengan kegemukan atau , mempunyai tubuh kurus pun berisiko mengakibatkan bermacam penyakit atau persoalan kesehatan. Situasi kekurangan berat badan di antaranya bisa mengacaukan fungsi kekebalan tubuh, meningkatkan risiko infeksi, rentan mengalami osteoporosis dan patah pulang, serta menyebabkan masalah kesuburan.

Dengan demikian, orang yang mempunyai badan kurus amat disarankan untuk mencapai berat badan ideal. Melansir laman Kementerian Kesehatan (Kemenkes), orang Indonesia dapat dikatakan kurus atau kekurangan berat badan jika memiliki Indeks Massa Tubuh (IMT) kurang dari 18,4.

Rumus atau cara menghitung IMT, yakni berat badan (kg) dibagi dengan hasil perkalian antara tinggi badan (m) dengan tinggi badan (m). Misalnya saja, Anda memiliki berat badan 40 kg dan tinggi badan 1,6 m. Anda berarti memiliki IMT 15,625 atau masuk kategori kekurangan berat badan tingkat berat. Angka 15,625 merupakan hasil dari 40 dibagi 2,56 (hasil perkalian antara tinggi badan 1,6 dengan 1,6).

5 Cara Menggemukkan Badan Secara Alami

berikut ini adalah beberapa cara menggemukkan badan secara alami yang dapat Anda lakukan:B

Konsumsi Makanan Lebih Sering

Apabila berat badan Anda kurang sehingga tampak terlalu kurus, Anda disarankan untuk makan lebih sering. Hal ini bertujuan untuk menambah asupan kalori dan yang diperlukan tubuh guna meningkatkan berat badan.

Pilih Makanan dengan Lebih Cermat

Pastikan makanan yang Anda konsumsi banyak mengandung nutrisi yang dapat mendukung peningkatan berat badan, misalnya protein, lemak, karbohidrat kompleks, serta beragam vitamin dan mineral.

Konsumsi Makanan Berlemak Baik

Salah satu asupan nutrisi yang perlu dipenuhi untuk menggemukkan badan adalah lemak sehat atau lemak tak jenuh, seperti dan omega-6. Jenis lemak ini kaya akan kalori dan baik untuk memelihara kesehatan tubuh karena tidak menyebabkan penimbunan lemak di pembuluh darah atau aterosklerosis. Contoh makanan yang banyak mengandung lemak sehat adalah ikan, alpukat, telur, dan kacang-kacangan.

Perbanyak Minum Susu

Dengan rutin minum susu atau mengonsumsi produk olahan susu, berat badan Anda bisa bertambah. Untuk menggemukkan badan, Anda dapat minum susu, baik susu sapi murni atau susu penggemuk badan, sebanyak 1 atau 2 gelas per hari.

Secara Rutin

Olahraga dan aktivitas fisik rutin juga berperan penting dalam menggemukkan badan. Dengan berolahraga secara rutin, terutama latihan kekuatan, berat badan akan meningkat. Tak hanya itu, olahraga juga diketahui dapat meningkatkan , sehingga asupan kalori dan nutrisi Anda bisa lebih tercukupi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.