Kenali 5 Penyebab Munculnya Ketombe di Kulit Kepala

Avatar of PortalMadura.com
Rewriter: Desy Wulandari
Kenali 5 Penyebab Munculnya Ketombe di Kulit Kepala
Ilustrasi (Sumber Inspirasi)

PortalMadura.Com – Salah satu masalah yang banyak dialami oleh besar pria maupun wanita yaitu . Hal ini biasanya ditandai dengan terasa gatal dan bahkan .

Ketombe merupakan masalah bagi jutaan orang, karena hampir semua orang mengalaminya. Mulai dari rambut pria, wanita, lansia, bahkan anak-anak, jika rambut tidak dirawat dengan baik, ketombe bisa muncul.

Ketombe sendiri sebenarnya merupakan masalah pada kulit kepala yang ditandai dengan keluarnya serpihan putih yang banyak disertai rasa gatal. Serpihan putih ini banyak dan akan bertambah saat Anda menggaruk.

Biasanya ketombe terjadi ketika rambut kita terlalu kotor dan harus segera . Namun, banyak orang yang berketombe meski rambutnya masih bersih.

Penyebab Munculnya Ketombe

Munculnya ketombe di kepala bisa disebabkan beberapa hal ini.

Kulit Kepala Berminyak

Jika Anda memiliki kulit kepala berminyak, mungkin akan lebih sering mengalami ketombe jika tidak merawat rambut dengan benar.

Produksi minyak berlebih pada kulit kepala merupakan tempat berkembang biaknya ketombe karena sifat berminyak mendorong pertumbuhan ragi yang merupakan bakteri penyebab ketombe penyebab infeksi jamur.

Usia

Ya, usia bisa menjadi faktor penyebab ketombe. Jika Anda melihat orang berusia antara 16 hingga 25 tahun mengalami ketombe lebih sering dan terus berulang. Itu karena selama kelompok usia ini kelenjar sebaceous berada di puncak aktivitas.

Kelenjar di kulit kepala terus-menerus menghasilkan minyak dan antara kelompok usia ini produksi sebum dipercepat. Oleh karena itu, ketombe lebih membandel dan kemungkinan akan muncul kembali.

Kulit Kering

Keramas yang berlebihan dapat menghilangkan minyak alami kulit kepala, sehingga menyebabkan lebih banyak kekeringan, gatal, dan serpihan. Jika Anda memiliki kondisi kulit kepala kering, mungkin sudah mengalami pengelupasan dan gatal-gatal di area tertentu.

Jadwal Keramas yang Tidak Teratur

Jika Anda sering menunda keramas, maka akan mengalami ketombe. Jika tidak keramas secara teratur, kesehatan kulit kepala Anda dalam bahaya. Jika kulit kepala Anda cenderung berminyak, maka harus mencuci rambut setidaknya dua kali seminggu atau bahkan tiga kali jika perlu.

Jika Anda tidak membersihkan kulit kepala dan rambut secara teratur, bisa menyebabkan penumpukan sel kulit mati dan penumpukan minyak yang merupakan kondisi yang tepat untuk munculnya ketombe membandel.

Olahraga

Jika Anda menjalani olahraga yang ketat dalam jangka waktu lama, pasti rentan terhadap keringat. Kulit kepala yang berkeringat adalah tempat ketombe tumbuh subur.

Ini karena produksi minyak yang terakumulasi di kulit kepala terlalu banyak saat berolahraga. Oleh karena itu, penting mencuci rambut setelah sesi olahraga berat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.