oleh

Cara Ampuh Mengatasi Gigi Berlubang pada Anak

PortalMadura.Com – Gigi berlubang termasuk keluhan umum pada anak-anak, karena sering konsumsi makanan manis (seperti permen, gulali, es krim, susu) dan lupa menyikat gigi. Gejalanya adalah nyeri pada gigi (termasuk menjadi lebih sensitif), ada lubang pada gigi, dan terdapat bagian gigi yang berubah warna menjadi putih, cokelat, atau hitam.

Tidak heran jika pada anak-anak, gigi berlubang membuatnya rewel dan menurunkan nafsu makan. Anda sebagai orang tua perlu melakukan tindakan dalam masalah ini. Dilansir dari laman Popmama.Com, Rabu (9/12/2020) berikut cara mengatasi gigi berlubang pada anak.

Berkumur dengan Air Garam

Saat anak mengalami sakit gigi, Anda dapat membuatkan anak larutan air garam untuk berkumur. Air garam dapat meredakan rasa nyeri yang muncul karena sakit gigi. Luka pada gusi pun dapat sembuh dengan berkumur menggunakan air garam karena garam terbilang mengandung antiseptik alami. Anda harus mengajarkan anak cara berkumur yang benar agar air tersebut tidak tertelan atau membuatnya tersedak.

Kompres Dingin

Cara untuk mengatasi keluhan sakit gigi pada anak, Anda dapat mengompres area yang sakit dengan kompres dingin selama 15 atau 20 menit. Anda dapat melakukannya hal ini setiap beberapa jam atau saat anak mengeluh giginya terasa nyeri. Jika anak merasa tidak nyaman dengan pengobatan cara ini dan menangis, hentikan saja.

Gunakan Pasta Gigi Berfluoride

Jika gigi anak muncul bercak kuning kecokelatan, cara yang bisa Anda lakukan untuk mencegah keparahan adalah dengan mengajarkannya untuk menggosok gigi secara teratur menggunakan pasta gigi berfluoride. Kandungan fluoride pada pasta gigi bermanfaat untuk memperbarui mineral pada area gigi yang mulai rusak akibat zat asam.

Adapun penggunaan pasta gigi berfluoride baru direkomendasikan pada saat anak berusia 3 tahun. Anda dapat mengoleskan pasta gigi ini ke sikat gigi anak dengan takaran sebesar biji jagung saat anak akan menggosok giginya.

Ajak ke Dokter Gigi

Mengajak anak ke dokter gigi merupakan solusi yang tepat untuk mengatasi gigi berlubang pada anak. Dengan mengajak anak ke dokter gigi, dokter akan memberikan perawatan yang tepat untuk mengatasi masalah gigi berlubang yang di derita anak. Dokter mungkin akan merekomendasikan penambalan untuk mencegah terjadinya infeksi gigi lebih dalam lagi.

Rewriter : Oktaviana Dwi K.K
Sumber : Popmama.Com

Komentar