oleh

Cara Atasi Kebiasaan Mengigau saat Anak Tidur

PortalMadura.Com – Anak yang sedang mengigau bisa disertai dengan gigi yang menggeretak, berbicara sendiri, hingga berjalan ketika tidur. Tidak sedikit orang tua yang merasa khawatir karena sang anak sering mengigau dan berbicara sendiri ketika tidur.

Pada dasarnya, mengigau adalah hal normal yang tidak membahayakan kesehatan psikologis anak. Namun, kondisi ini juga bisa menandakan adanya situasi tertentu yang menurunkan kualitas tidurnya. Dilansir dari laman Popmama.Com, Rabu (2/9/2020) berikut cara atasi kebiasaan mengigau yang bisa Anda coba.

Buat Anak Merasa Tenang

Seorang anak yang mengigau terkadang juga sering terbangun karena terkejut, sebab itu orang tua perlu mengetahui cara megatasinya. Cara mengatasi dan mencegah anak mengigau saat tidur, Anda bisa membuat anak merasa tenang dan nyaman.

Caranya membuat ia senyaman mungkin saat tidur, yaitu menyalakan musik klasik yang lembut hingga membuat mereka rileks atau merasa sebuah ketenangan. Cara lainnya Anda bisa memberikan pijatan-pijatan kecil sebelum memasuki waktu tidur. Kegiatan ini membuat si Kecil akan tidur dengan lelap dan nyenyak.

Jangan Membuat Anak Terlalu Lelah

Anak-anak memang senang bermain, kegiatan itu bisa buat mereka lebih kreatif. Namun terkadang aktivitas bermainnya bisa menjadi sangat melelahkan. Jika dirasa permainannya terlalu berlebihan hingga menyebabkannya kelelahan, sebaiknya anak dialihkan ke permainan yang lebih tenang dan ringan dalam merangsang saraf sensorik, motorik dan daya kreativitasnya.

Batasi juga waktu bermainnya, jangan biarkan ia terus bermain tanpa kenal lelah hingga kurang tidur. Sebab kurang tidur juga salah satu pemicu anak jadi mengigau.

Sembuhkan Demamnya

Faktor lain yang menyebabkan anak mengingau adalah karena ia sedang mengalami demam. Sebagai orang tua perlu mengetahui penyebab demam dan juga cara mengatasi demam yang terjadi.

Biasanya jika anak demam disebabkan oleh infeksi, baik berupa virus maupun bakteri. Anda bisa mengompres dan memberikan obat penurun panas yang sesuai dengan usianya. Berikan juga asupan cairan pada tubuhnya secara optimal agar suhu panasnya kembali normal dan tidak lagi mempengaruhi kualitas tidurnya.

Jauhkan Anak dari Rasa Cemas

Anak yang sering mengigau biasanya juga bisa disebabkan karena rasa cemas atau takut. Penyebab kecemasan tersebut bisa berupa lingkungan yang baru, cerita dan film yang membuat perasaannya tidak tenang.

Oleh sebab itu orang tua perlu mencari tahu kondisinya, apakah mereka sedang merasa cemas atau takut. Maka hindarkan anak dari tayangan atau cerita seram. Sebab sebuah tontonan yang ia lihat bisa jadi akan terbawa saat tidur, sehingga menyebabkan ia mengigau.

Kunjungi Psikolog

Apabila seorang anak mengigau karena menunjukkan sesuatu yang sedang dialaminya dan terbilang cukup parah. Kemungkinan besar ia sedang mengalami suatu masalah. Peran orang tua sangatlah penting, segera bantu anak keluar dari masalahnya tersebut.

Anda bisa membicarakan hal ini dengan berkonsultasi mengunjungi psikolog anak. Sebab dalam kondisi tertentu, igauan anak cukup parah dan dapat mempengaruhi perkembangan psikisnya. Ketika anak mengigau Anda bisa membacakan dongeng sebelum tidur dan bila perlu beri pelukan hangat yang dapat memberikan ketenangan.

Rewriter : Oktaviana Dwi K. K
Sumber : popmama.com
Tirto.ID
Loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

portalmadura.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE