oleh

Cara Cegah Perselisihan Kakak dan Adik

PortalMadura.Com – Hubungan kakak beradik tidak selamanya mulus. Ada kalanya mereka berselisih atau bertengkar perkara hal apapun, entah berebut mainan, makanan, kursi, hingga pakaian. Terlebih jika kakak beradik ini memiliki jenis kelamin yang sama. Padahal, orang tua pasti ingin semua anak-anak selalu rukun dan menghindari pertengkaran.

Pertengkaran antar saudara ini lebih disebabkan karena kecemburuan. Perselisihan tersebut umumnya terjadi lantaran mereka mencari perhatian dan waktu orang tua. Apalagi jika anak-anak Anda memiliki jarak usia yang dekat, ini bisa menimbulkan risiko berselisih lebih besar. Dilansir dari laman Fimela.Com, Senin (7/9/2020) berikut cara mencegah perselisihan kakak adik.

Tanamkan pada Anak untuk Selalu Berbuat Baik

Tanamkan pada masing-masing anak untuk selalu berbuat baik kepada saudaranya. Ajarkan kepada anak untuk berbuat baik kepada saudaranya sebagaimana ia ingin diperlakukan oleh saudaranya. Hal itu membuat mereka bisa tumbuh menjadi pribadi yang berpikir terlebih dahulu sebelum memperlakukan orang lain.

Hindari Pemberian Julukan

Hindari memanggil anak sesuai julukan, misalnya menyebut si Kakak dengan “si Pintar” atau si Adik dengan “si Tampan”. Perlu diketahui bahwa julukan yang diberikan oleh orang tua ini bisa memberi dampak yang besar pada anak bahkan saat ia sudah dewasa. Julukan yang diberikan orang tua akan sangat memengaruhi perilaku dan berdampak pada tumbuh kembang anak.

Hindari Membanding-bandingkan Anak

Terlalu sering membandingkan anak hanya membuat ia merasa semakin kecil hati dan cemburu satu sama lain, sehingga perselisihan pun makin sulit dihindari. Orang tua perlu memahami bahwa semua anak terlahir dengan keunikan dan keistimewaannya masing-masing, dan ini justru harus menjadi kebanggaan ayah dan ibu agar anak tidak tumbuh menjadi pribadi yang minder.

Bersikap Adil

Ketika memiliki seorang adik atau anak kedua, inilah saatnya ibu dan ayah bersikap adil. Seringnya, perhatian penuh pada anak kedua yang baru lahir cenderung membuat anak pertama merasa cemburu. Bukan hanya adil dalam hal perhatian, melainkan pada semua hal, termasuk membelikan mainan, misalnya. Berikan sang kakak pengertian untuk tidak merasa tersaingi dengan kehadiran sang adik, karena bagi ibu dan ayah, kakak dan adik tetaplah anak-anak yang membanggakan orang tua.

Beri Pujian saat Kakak Adik Rukun

Saat anak-anak sedang rukun, tidak ada salahnya untuk memberi mereka pujian. Sehingga mereka tahu bahwa perilaku rukun adalah hal yang baik dan terpuji.

Perselisihan dan pertengkaran kakak adik kadang memang tidak bisa dihindari. Seiring dengan perkembangan sosial dan emosi mereka, pertengkaran dan perselisihan akan terjadi sesekali. Orang tua pun punya tugas penting untuk membantu mereka bisa tetap saling menyayangi satu sama lain.

Rewriter : Oktaviana Dwi K. K
Sumber : fimela.com
Tirto.ID
Loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

portalmadura.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE