Cara Melatih Anak agar Bersikap Jujur Sejak Dini

Avatar of PortalMadura.com
Cara Melatih Anak agar Bersikap Jujur Sejak Dini
Ilustrasi (kumparan.com)

PortalMadura.Com – Setiap orang tua pasti menginginkan anaknya bersikap . Maka dari itu melatih kejujuran pada anak perlu ditanamkan sejak dini, agar anak bisa tumbuh menjadi pribadi yang baik dan bisa dipercaya hingga dewasa kelak.

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk melatih kejujuran. Dilansir dari laman Popmama.Com, Minggu (3/1/2021) berikut cara melatih anak agar selalu berkata jujur.

Jadilah Panutan yang Selalu Berkata Jujur

Anak pasti akan memiliki sifat yang tidak jauh dari sifat orang tuanya. Sebab, selain karena faktor genetik, orang tua juga menjadi guru atau panutan pertama anak selama awal kehidupannya.

Salah satu cara untuk melatih agar anak selalu berkata jujur, yang pertama kali Anda harus lakukan adalah selalu berkata jujur. Orang tua adalah contoh yang akan paling sering anak tiru.

Selalu Tepati Janji

Terkadang orang tua sering mengiming-imingi hadiah untuk membujuk anak agar mau melakukan apa yang orangtua katakan. Misal, “Ayo, Nak, makan yang banyak. Nanti Mama kasih es krim kalau nasinya habis.” Namun, setelah anak menyelesaikan makanannya, orang tua akan berkelit berbagai alasan agar anak tidak makan es krim.

Hal tersebut ternyata akan membuat anak merasa mengucapkan sesuatu yang tidak dilakukannya adalah hal yang diperbolehkan. Oleh karena itu, selalu menepati ucapan adalah salah satu cara melatih agar anak selalu berkata jujur.

Menghargai Kejujuran Anak

Menghargai kejujuran anak juga merupakan sebuah cara untuk melatih agar anak selalu berkata jujur. Walaupun hal yang diungkapkan anak adalah sebuah kesalahan yang telah diperbuatnya, Anda tetap harus menghargainya karena telah berani mengatakan yang sebenarnya.

Hal tersebut kemungkinan akan membuat anak berbohong dan membuat anak mengingat bahwa ketika jujur orang tuanya tidak akan mendengarkan penjelasannya. Tetapi jangan lupa untuk tetap menasihatinya dengan cara yang baik.

Jangan Ucapkan Dia Adalah Pembohong

Jika anak berbohong, jangan sampai terucap dari mulut Anda dengan mengatakan dirinya sebagai pembohong. Ucapan orang tua terhadap anak sangat mempengaruhi mental dan sikapnya hingga dewasa.

Sikap yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengungkapkan bahwa Anda sangat tidak suka saat anak berkata bohong. Beritahukan bahwa Anda akan sangat menghargainya jika berani berkata jujur.

Berikan Nasihat Saat Anak Berbohong

Berikan nasihat saat anak berbohong. Berikan konsekuensi-konsekuensi jika seseorang berbohong. Misalnya, ia akan menjadi tidak dipercaya oleh temannya, sulit mendapatkan teman, dan berbagai konsekuensi lainnya.

Pada dasarnya anak adalah makhluk yang sangat jujur. Namun, pengaruh lingkungan dan faktor lainnya membuat dirinya bisa saja berbohong. Oleh karena itu, sebagai orang tua harus menanamkan nilai kebaikan dan menerapkan cara melatih kejujuran pada anak sejak kecil.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.