Cara Membimbing Anak Menggunakan Internet Secara Positif

  • Bagikan
Cara Membimbing Anak Menggunakan Internet Secara Positif
Ilustrasi (merdeka.com)

PortalMadura.Com – Sebagai orangtua, sudah merupakan tugas dan tanggung jawab kita untuk mengajarkan anak segala hal yang ada dalam hidup. Mulai dari hal sederhana sampai masalah kompleks sekalipun. Perubahan jaman menyebabkan sedikit perbedaan antara orangtua dulu dengan sekarang. Dulu, orangtua takut anak-anak tidak belajar karena menonton tayangan animasi kartun.

Sekarang, orangtua takut anak-anak tidak belajar karena terlalu lama berselancar di dunia maya. Namun pada jaman serba digital seperti sekarang, orangtua tidak mungkin membatasi penggunaan teknologi dalam kehidupan. Tidak membatasi bukan berarti tidak mengajarkan bagaimana cara menggunakannya dengan bijak dan aman. Tugas orangtua ialah mengajarkan dan memastikan anak menggunakan internet dengan baik.

Dilansir dari laman Fimela.Com, Jumat (2/7/2021), berikut ini cara membimbing anak dalam penggunaan internet yang bisa Anda lakukan:

Beritahu Adanya Jejak Digital

Sebelum menggunakan internet, ajarkan anak mengenai jejak digital. Jelaskan jika apa pun yang diunggah di internet, baik foto, teks, video, akan tetap ada jejak digitalnya atau sulit untuk dihapus. Hal ini agar anak lebih berhati-hati ketika menggunggah konten dan memikirkan baik-baik tentang hal itu.

Baiknya ajarkan anak untuk mengelola konten digital positif dengan baik, sebab bisa menjadi aset. Jejak digital bisa menunjukkan identitas, keterampilan, dan minat. Ini penting dalam era di mana perusahaan mencari pelamar untuk memeriksa identitas mereka dan memverifikasi kesesuaian data mereka. Dalam konteks ini, tidak memiliki jejak digital bisa sama tidak menguntungkannya dengan jejak digital yang dikelola dengan buruk.

Jangan Membagikan Foto pada Orang yang Tidak Dikenal

Jelaskan pada anak mengapa tidak boleh membagikan foto pada orang yang tidak dikenal. Info seputar risiko ketika sebuah foto dapat disalahgunakan orang lain. Baiknya, kunci media sosial dan simpan kata sandi pribadi dan hanya orangtua yang mengetahuinya.

Waspada Terhadap Situs yang Tidak Dikenal

Semua situs di internet tidak selalu mengandung unsur yang mendidik. Terkadang muncul situs-situs tidak dikenal. Baiknya beritahu anak jika langsung menutup situs tersebut.

Mendampingi Anak

Mendampingi anak setiap menggunakan internet adalah hal yang penting. Ajarkan padanya apa yang tidak boleh dan boleh saat menggunakan internet. Beritahu jika situs-situs apa yang bisa digunakan. Jika anak bertanya berikan penjelasan perjalan, jangan menghakimi yang justru akan membuat si kecil penasaran.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.