oleh

Muncul Status No Internet pada Koneksi WiFi? Begini Cara Atasinya

PortalMadura.Com – Pernahkah Anda kedapatan smartphone-nya tidak bisa membuka website atau aplikasi online walaupun sebenarnya sudah terhubung ke jaringan WiFi?. Hal ini tentu ada yang bermasalah dan perlu Anda periksa.

Biasanya saat itu terjadi seseorang akan menemui status ‘No Internet’ atau ‘Limited’ yang muncul pada bilah konektivitas di perangkat. Hal itu ditandai dengan ikon ‘tanda seru’ yang menyertai logo WiFi di sisi kanan atas layar smartphone. Selain itu, bisa juga ikon itu muncul pada bilah konektivitas di bagian kanan bawah di layar laptop.

Dilansir Liputan6.com, yang mengutip dari OnlineTech, masalahnya kerap bersumber dari router WiFi atau penyedia layanan internet. Namun, terkadang pengaturan perangkat atau konfigurasi jaringan juga bisa memblokir akses internet.

Langsung saja, berikut cara sederhana yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi masalah pada koneksi WiFi:

Forget Network

Langkah ini bisa jadi cara mudah paling ampuh untuk mengatasi status ‘No Internet’ yang muncul. Di smartphone, Anda buka Settings, kemudian pilih Connection atau Network and Internet.

Kemudian pilih WiFi, tekan dan tahan pada koneksi yang mengalami gangguan, pilih opsi ‘Forget Network’. Selanjutnya, masuk kembali ke jaringan yang tadi seperti awal menyambungkannya. Masukkan password yang diminta jika ada.

Sign-in to Network

Pada jaringan WiFi publik atau di beberapa lokasi seperti kampus, sekolah, atau layanan publik, biasanya mengharuskan Anda untuk masuk ke jaringan. Caranya, dengan memasukkan username dan password yang diperlukan.

Beberapa jaringan lainnya akan meminta Anda untuk masuk dengan email, menyelesaikan tugas tertentu seperti menonton iklan, atau menyetujui persyaratan penggunaan jaringan sebelum mengakses internet.

Jaringan WiFi ini disebut Portal Captive. Jika Anda tidak mendapatkan pemberitahuan untuk masuk, buka Pengaturan lalu ketuk Jaringan & Internet lalu pilih WiFi. Setelah itu ketuk jaringan yang dipilih untuk masuk.

Reset Network Settings

Cara selanjutnya yang bisa dilakukan adalah dengan me-reset preferensi koneksi yang tersedia untuk perangkat Anda kembali ke aturan awal. Ini akan menghapus semua jaringan yang terhubung sebelumnya.

Artinya, ini akan membuka akses sebagaimana pertama kali Anda terhubung dengan jaringan WiFi. Buka Settings kemudian gulir ke bawah hingga menemukan General Management atau System. Selanjutnya ketuk pada bagian Reset.

Akan muncul tiga pilihan, Anda cukup memilih ‘Reset network settings’ untuk mengembalikan ke pengaturan awal pabrikan. Ikuti langkah persyaratan yang diminta, misalnya password yang digunakan pada ponsel Anda untuk mengotentikasi. Ketuk tombol ‘Reset Netword Settings’ lagi dan tunggu sampai prosesnya selesai sukses.

Rewriter : Putri Kuzaifah
Sumber : Liputan6.com

Komentar