oleh

Cara Tepat Mengangani Anak yang Tersedak

PortalMadura.Com – Tersedak adalah salah satu kondisi berbahaya dan bisa terjadi pada siapa saja, terutama pada anak-anak. Saat anak tersedak, saluran pernapasnya akan tersumbat sehingga ia kesulitan bernapas. Oleh karena itu, orang tua perlu mengetahui pertolongan pertama yang harus dilakukan saat anak tersedak.

Dilansir dari laman Popmama.Com, Jumat (11/9/2020) berikut cara tepat menangani anak tersedak.

Hindari Menepuk Punggung

Banyak masyarakat dan orangtua yang belum mengetahui tentang pertolongan pertama ketika anak jatuh atau pingsan, luka kecil, demam dan ketika tersedak. Penanganan ketika anak tersedak yang selama ini dilakukan oleh banyak orang tua, yakni dengan menepuk punggungnya ternyata salah.

Teknik tersebut hanya boleh dilakukan oleh orang yang sudah terlatih. Jika dilakukan dengan teknik yang tidak tepat, justru membuat anak semakin cedera saat tersedak. Saat Anda melihat anak sedang tersedak, ada beberapa hal sederhana yang boleh dilakukan.

Teknik Back Blows

Teknik back blows adalah teknik khusus yang harus dilakukan saat menangani anak yang tersedak. Jadi teknik ini tidak sekedar ditepuk-tepuk ringan.

Perlunya Identifikasi Mengenai Penyebab Anak Tersedak

Pada anak yang sudah cukup besar dan kooperatif, anak perlu ditenangkan sambil melonggarkan pakaiannya. Kemudian minta anak untuk batuk agar sumbatannya keluar.

Pada anak yang lebih kecil, anak dapat diposisikan dalam posisi miring. Jika anak masih sesak dan melihat tanda kekurangan oksigen, seperti penurunan kesadaran, maka anak harus segera dibawa ke rumah sakit.

Usahakan untuk menempatkan anak dalam posisi merunduk ke bawah atau miring, jangan memposisikan anak telentang karena bisa membuatnya tambah sesak.

Orang tua juga perlu melakukan identifikasi mengenai penyebab anak ketika tersedak, hal ini dapat membantu penanganan anak saat di rumah sakit.

Rewriter : Oktaviana Dwi K. K
Sumber : popmama.com

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.