oleh

Cara Mengatasi Kebiasaan Latah pada Anak

PortalMadura.Com – Latah adalah perasaan terkejut, ada orang yang secara spontan mengeluarkan kata-kata sebagai bentuk kekagetannya. Akibat latah, tak jarang ada orang yang merasa malu karena kebiasannya ini.

Jika anak Anda salah satunya, jangan khawatir. Latah juga bisa diobati. Dilansir dari laman Lifestyle.Okezone.Com, Jumat (25/12/2020) berikut cara mengatasi kebiasaan latah pada anak.

Selamat Ibadah Puasa

Mintalah Anak Bersikap Tenang

Misalnya dengan menarik napas saat merasa panik sehingga tidak langsung mengungkapkan kata atau menampilkan perilaku yang tidak terarah. Bila latah yang disebabkan oleh kecemasan bisa diatasi dengan cara meditasi atau yoga, dimana ada cara atau langkah yang dapat dilakukan untuk menenangkan diri.

Berikan Aktivitas Seperti Olahraga

Dengan olahraga perhatian anak akan teralihkan sehingga ia lebih memahami kelebihan dan kekurangan dan mengetahui hal-hal yang dapat membuatnya diterima dan diakui lingkungan.

Berikan Pengasuhan yang Tepat

Bila latah anak muncul maka orang tua atau lingkungan sebaiknya bereaksi/bersikap netral atau bahkan tidak memberikan reaksi apa-apa sehingga perilaku tersebut tidak akan diulangi oleh anak.

Dukungan Lingkungan

Misalnya meminta teman-temannya agar tidak mengagetkan atau membuatnya terkejut.

Rewriter : Oktaviana Dwi K.K
Sumber : Lifestyle.Okezone.Com
Tirto.ID
Loading...

Komentar