oleh

Berikut Cara Mengatasi Sakit Maag Saat Hamil

PortalMadura.Com – Sakit maag saat hamil merupakan salah satu keluhan yang cukup sering dialami oleh sebagian besar ibu hamil.

Kondisi ini membuat bumil tidak nyaman dan dapat mengurangi nafsu makan. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui penyebab maag saat hamil.

Dilansir dari laman Alodokter.Com, Kamis (8/10/2020) berikut cara mengatasi sakit maag saat hamil:

Perhatikan Makanan yang Dikonsumsi

Tak hanya makanan, minuman beralkohol dan berkafein, seperti kopi, teh, dan soda juga dapat memicu sakit maag. Oleh karena itu, Bumil dianjurkan untuk menghindari konsumsi makanan dan minuman tersebut guna mencegah risiko sakit maag saat hamil.

Hentikan Kebiasaan Merokok

Kebiasaan merokok dapat melemahkan fungsi otot antara kerongkongan dan lambung yang seharusnya menutup ketika makanan masuk ke lambung. Dengan demikian, Bumil disarankan untuk berhenti merokok selama hamil.

Atur Posisi Tidur

Posisi tidur yang salah saat hamil ternyata juga dapat menyebabkan gejala sakit maag kambuh. Saat berbaring atau tidur, usahakan untuk menempatkan posisi kepala lebih tinggi agar asam lambung tidak mudah naik.

Atur Posisi Duduk

Jika ibu hamil terbiasa duduk dengan posisi bersandar atau membungkuk saat makan, ada baiknya untuk menghentikan kebiasaan ini. Hal ini dikarenakan posisi duduk demikian dapat mempermudah naiknya asam lambung.

Rewriter : Raudatul Fitrah
Sumber : Alodokter.Com

Komentar