Harga Tembakau Jadi Atensi Khusus Komisi B DPRD Jatim

Avatar of PortalMadura.com
Harga Tembakau Jadi Atensi Khusus Komisi B DPRD Jatim
Aliyadi Mustofa, Ketua Komisi B DPRD Jawa Timur (Foto: Marzukiy @PortalMadura.Com)

PortalMadura.Com, Anjloknya harga musim ini menjadi perhatian serius Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Jawa Timur. Sebab, kondisi yang sama tidak hanya terjadi di daerah Madura, melainkan di wilayah lain mengalami hal yang sama.

Ketua Komisi B , Aliyadi Mustofa mengungkapkan, pihaknya menerima aduan dari Asosiasi Petani Tembakau Indonesia (APTI) Jawa Timur, tentang harga tembakau yang sangat rendah. Bahkan, harga tembakau di tingkat petani tidak bisa menutupi biasa produksi yang dikeluarkan mereka.

“Kami sudah merekomendasikan kepada dinas perkebunan dan pihak pabrikan tentang kondisi harga tembakau musim ini,” ujar politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini, Kamis (8/10/2020).

Menurutnya, selain tentang harga, petani juga mengadukan serapan tembakau oleh pabrikan yang tidak maksimal. Dengan demikian, butuh komitmen bersama antara pemerintah, pabrikan dan petani mengatasi masalah tersebut. Sebab, bagaimana pun nasib petani harus menjadi perhatian serius oleh semua pihak.

“Kami minta pihak terkait untuk menfasilitasi agar petani dan pabrikan bisa duduk bareng untuk menemukan solusi bagaimana nasib petani tembakau Jatim kedepan menjadi lebih baik,” tambah dia.

Legislator asal Sampang Madura ini melanjutkan, pihaknya senantiasa mendorong harga dan serapan tembakau itu memihak kepada petani. Selain itu, pihaknya juga tengah mencari formulasi baru menekan biaya produksi yang dikeluarkan oleh petani.

“Menekan biaya produksi petani itu salah satunya memberikan subsidi kepada petani, baik subsidi pupuk, alat pertanian maupun hand traktor. Sebab, kalau biaya produksi lebih sedikit, tentu keuntungan yang diperoleh petani lebih besar,” tandasnya.

Dia memungkasi, dukungan dari petani dan masyarakat secara umum harus benar-benar serius agar ikhtiar tersebut dapat terlaksana dengan baik sesuai harapan bersama.(*)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.