oleh

4 Cara Mengatasi Telinga Gatal yang Aman

PortalMadura.Com – Telinga termasuk salah satu bagian tubuh yang penuh dengan serat saraf sensitif. Hal tersebut akan mudah sekali membuat telinga gatal, baik karena hal yang ringan seperti kotor hingga kondisi serius seperti infeksi.

Anda perlu tahu dulu penyebabnya ntuk mengatasi telinga gatal. Dilansir dari laman Alodokter.Com, Rabu (30/9/2020) berikut ini berbagai cara mengatasi telinga gatal yang aman dan efektif.

Menghindari Kebiasaan Menggaruk Telinga

Menggaruk telinga dengan jari atau cotton bud memang dapat meredakan rasa gatal di telinga, tetapi efek ini hanya bersifat sementara. Jika sering digaruk, telinga bisa terluka dan hal ini justru bisa membuat telinga Anda semakin gatal.

Tidak hanya itu, memasukkan benda asing ke dalam telinga juga berisiko menyebabkan telinga menjadi iritasi atau bahkan melukai gendang telinga Anda.

Menggunakan Minyak Zaitun atau Baby Oil

Jika telinga terasa gatal dan kering, Anda bisa memberi beberapa tetes minyak zaitun atau baby oil ke area telinga. Cara ini akan membantu Anda meredakan rasa gatal di telinga tanpa harus menggaruknya.

iklan hari santri

Selain meredakan kulit kering di telinga, jenis minyak tersebut juga dapat digunakan untuk melunakkan kotoran telinga dan membuatnya lebih mudah dikeluarkan.

Menggunakan Obat-Obatan

Saat telinga gatal yang Anda alami sudah parah atau tidak kunjung membaik, Anda mungkin membutuhkan obat-obatan dari dokter. Cara mudah untuk mengatasi rasa gatal yang mengganggu di telinga, dokter dapat meresepkan obat-obatan seperti antibiotik, antijamur, kortikosteroid, hingga antihistamin.

Obat untuk mengatasi telinga gatal umumnya tersedia dalam bentuk obat tetes telinga, obat minum, atau obat oles. Penggunaan obat-obatan tersebut akan disesuaikan dengan penyebab telinga gatal yang Anda alami.

Membersihkan Telinga Secara Rutin

Anda bisa membersihkan telinga menggunakan obat tetes telinga yang dijual bebas, misal obat tetes telinga yang mengandung hidrogen peroksida atau gliserin. Selain itu, tindakan pembersihan telinga oleh dokter juga sebaiknya dilakukan secara rutin.

Anda tetap perlu waspada jika keluhan telinga gatal yang Anda rasakan tidak kunjung membaik atau muncul disertai keluhan lain, seperti telinga berdarah, sulit mendengar, telinga berdenging, atau demam.

Rewriter : Oktaviana Dwi K. K
Sumber : alodokter.com

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.