Cara Mengenalkan Anggota Tubuh Pada Anak

Avatar of PortalMadura.com
Cara Mengenalkan Anggota Tubuh Pada Anak
Ilustrasi (nakita.grid.id)

PortalMadura.Com – Dari waktu ke waktu, usia akan membawa anak pada berbagai perubahan terkait kondisi tubuhnya. Tentu ini dapat membuat anak Anda bertanya-tanya.

Dalam menghadapi hal tersebut, Anda disarankan untuk mengajarkan anak mengenal anggota tubuhnya terlebih dahulu. Pengenalan anggota tubuh tersebut dimulai dari sentuhan awalnya terhadap wajah Anda ketika masih bayi. Oleh sebab itu, kemampuan mengenali tubuh ini penting untuk dilatih sejak bayi melalui berbagai aktivitas sehari-hari.

Dilansir dari laman AyahBunda.Co.Id, Minggu (02/5/2021), berikut lima cara mengajarkan anak mengenal anggota tubuhnya:

Cobalah menyanyikan lagu “Dua Mata Saya” sambil menunjuk bagian-bagian tubuh Anda. Dengan hal seperti ini anak akan lebih mudah mengenal anggota tubuhnya.

Ajak anak untuk mengobrol dan tunjuk bagian tubuh Anda dan bagian tubuh anak, kemudian sebutkan namanya. Bandingkan hidung Anda dengan hidung anak dengan mengatakan ‘lebih besar' dan ‘lebih kecil' sekaligus untuk mengajarnya tentang perbedaan.

Jelaskan fungsi setiap anggota tubuh. Jelaskan dengan pengucapan yang benar. Misalnya, saat menunjuk hidung, katakan, ”hidung untuk mencium.”

Mengelus-elus rambut si kecil saat sebelum tidur dan katakan bahwa rambut si kecil lebat dan hitam. Setelah itu pegang tangannya sambil Anda mengatakan “tanganmu kuat untuk memegang, bukan untuk memukul.”

Mandi Bersama

Saat mandi bersama si kecil merupakan waktu yang tepat memperkenalkan anggota tubuhnya. Seluruh tubuh anak akan tampak. Sebutkan nama bagian-bagian tubuh anak dengan istilah yang tepat. Misalnya payudara, pusar, penis atau vagina. Balita pun juga akan belajar mengenal jenis kelaminnya dan perbedaannya.

Bermain Cermin

Gunakan cermin supaya si kecil bisa melihat bagian tubuhnya dengan jelas. Setelah itu tempelkan sebuah stiker di tangannya kemudian tanyakan, “Di mana Mama menempelkan stiker?” Mintalah anak mencari stiker tersebut dan saat menemukannya ia akan berkata “stiker ada di tangan.” Berikan pujian bahwa anak mampu mengenal nama bagian tubuhnya dengan baik.

Setelah balita tahu nama bagian-bagian tubuhnya, ia juga perlu tahu cara memelihara kesehatan tubuhnya. Ajarkan anak tentang pentingnya merawat bagian-bagian tubuhnya sendiri dengan cara yang mudah sesuai usianya. Contohnya seperti cuci tangan dan kaki setelah bermain, menggosok gigi setelah makan, nonton film dalam jarak yang tidak terlalu dekat untuk menjaga kesehatan matanya.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.