oleh

Cara Meningkatkan Daya Ingat Anak

PortalMadura.Com – Daya ingat merupakan salah satu faktor penting yang dapat mempengaruhi proses belajar setiap anak. Fungsinya untuk menyimpan dan mengolah informasi yang diterima untuk kemudian diserap oleh otak haruslah dijaga dengan baik.

Agar bisa mengikuti pelajaran di sekolah dengan baik, anak tentunya harus memiliki daya ingat yang tinggi. Daya ingat setiap anak tentu berbeda-beda, ada yang mudah mengingat segala hal dalam waktu cepat, tetapi ada juga butuh waktu lama untuk mengingat.

Supaya ia memiliki daya ingat yang tajam, maka perlu dilatih dan ditingkatkan sejak dini. Dilansir dari laman Halodoc.Com, Senin (6/7/2020) berikut cara meningkatkan daya ingat anak.

Cara Meningkatkan Daya Ingat Anak

Bermain Permainan Daya Ingat

Bermain salah satu hal yang paling disukai anak-anak. Namun, jangan hanya memberi anak permainan yang menghibur saja. Ajaklah bermain permainan yang juga bisa mengasah daya ingatnya. Permainan yang baik untuk meningkatkan daya ingat seperti puzzle, mencari gambar yang sama, flash card, serta menempelkan angka, huruf, ataupun gambar.

Bercerita Bersama

Cara selanjutnya yang bisa Anda lakukan untuk melatih daya ingat anak dengan membacakan buku cerita sebelum tidur atau di waktu senggang. Setelah selesai membacakan buku untuk, ajaklah untuk mengingat kembali ceritanya, seperti nama tokoh, nama tempat, dan lain-lain. Dengan begitu, seorang anak akan terbiasa mendengarkan cerita Anda dengan baik dan mengingatnya.

iklan 2

Bernyanyi

Musik berperan lebih dari sekadar pengantar tidur bagi anak-anak, tetapi juga bisa menstimulasi perkembangan otaknya. Ritme, pengulangan, irama, dan melodi yang ada dalam sebuah lagu bermanfaat untuk meningkatkan daya ingat. Anak-anak suka segala sesuatu yang diulang-ulang.

Aktivitas Fisik

Tidak hanya baik untuk kesehatan tubuhnya, membiasakan anak untuk aktif secara fisik juga dapat mengasah keterampilan gerak, kemampuan bersosialisasinya dengan orang lain, serta perkembangan otaknya.

Anak-anak yang sering berolahraga atau bermain di luar rumah juga akan terhindar dari obesitas dini. Jadi, jangan biarkan anak bermain gadget terus di rumah, ajaklah anak melakukan aktivitas yang menyenangkan yang sesuai dengan usianya.

Berikan Makanan Bergizi

Hal ini juga tidak kalah penting, yaitu memberikan asupan makanan yang bergizi. Tidak hanya tubuhnya saja, otak anak pun harus diberi asupan supaya dapat berkembang dan bekerja lebih optimal serta memiliki daya ingat yang tajam.

Nutrisi untuk kesehatan otak antara lain protein, karbohidrat kompleks, vitamin B12, vitamin E, omega 3 dan 6, zat besi, kolin, dan alfa laktalbumin. Berikan semua nutrisi tersebut ke dalam makanan setiap hari sebagai cara meningkatkan daya ingat anak.

Rewriter : Oktaviana Dwi K. K
Sumber : halodoc.com
Tirto.ID
Loading...

Komentar