oleh

Berikut 5 Cara Ampuh Menjaga Kesehatan Otak

PortalMadura.Com – Peran otak sangat penting bagi tubuh manusia, karena otak yang sehat akan berfungsi membuat tubuh menjadi sehat pula. Otak yang sehat juga mengurangi risiko terkena penyakit kronis, contohnya demensia.

Banyak orang-orang yang tidak sadar bahkan menyepelekan pentingnya menjaga kesehatan otak. Semakin bertambah usia seseorang, maka semakin menurun kemampuan otak. Bisakah manusia mempertahankan kemampuan otak agar tetap berfungsi dengan baik?

Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan agar otak tetap sehat dan berfungsi dengan baik, dilansir dari laman Alodokter.Com, Kamis (3/9/2020).

Mencukupi Kebutuhan Nutrisi Otak

Lindungi otak dari kerusakan yang diakibatkan oleh radikal bebas dengan makanan yang mengandung antioksidan, seperti sayur-sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, dan ikan. Berikan juga kebutuhan asam lemak omega-3 yang bisa didapat dari ikan salmon dan sarden. Zat ini sangat penting dalam menurunkan kadar kolesterol, meminimalkan peradangan pada otak, serta menjaga optimalisasi otak.

Jangan Rusak dengan Asap Rokok

Segera hentikan mengisap rokok karena merokok membuat bagian penting dari otak, yaitu bagian korteks, rentan mengalami penipisan. Korteks merupakan bagian otak yang berkaitan dengan kemampuan berpikir, mengingat, bahasa, dan persepsi. Selain itu, rokok juga bertanggung jawab terhadap beberapa penyakit terkait otak, seperti stroke, aneurisma otak, dan demensia.

Olahraga Teratur

Olahraga dapat memperbaiki kinerja pembuluh darah kecil dalam mengantarkan darah yang kaya oksigen menuju otak. Olahraga juga bermanfaat untuk mengurangi tekanan darah, mengurangi kolesterol jahat, melawan diabetes, dan mengurangi stres.

Perhatikan Kolesterol, Tekanan Darah, dan Gula Darah

Tingginya tingkat kolesterol, dikombinasikan dengan tekanan darah tinggi dan kadar gula darah yang tidak terkontrol, sangat terkait dengan risiko seseorang terkena penyakit Alzheimer, Melimpahnya kolesterol buruk juga akan membuat seseorang lebih mudah mengalami demensia.

Timbunan kolesterol akan memicu terbentuknya sumbatan di dalam pembuluh darah otak, sehingga suplai oksigen ke otak berkurang. Selanjutnya kondisi ini dapat membuat sel otak rusak hingga berakibat kematian. Stroke sebagai salah satu komplikasinya, dapat menimbulkan gangguan pada kemampuan bicara, melihat atau bergerak, tergantung bagian otak mana yang diserang.

Istirahat atau Tidur yang Cukup

Tidur yang cukup setiap hari berperan penting dalam fungsi otak kita, seperti membantu memperkuat dan melindungi memori, membuat kita fokus, juga meningkatkan kemampuan kita dalam memecahkan masalah.

Jagalah kesehatan otak sebisa mungkin agar kualitas hidup kita tetap maksimal.

Rewriter : Liza Princess
Sumber : alodokter.com
Tirto.ID
Loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

portalmadura.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE