oleh

7 Cara Merawat Headset Agar Tidak Cepat Rusak

PortalMadura.Com – Headset merupakan benda elektronik yang berfungsi untuk menikmati lagu atau mendengarkna suara saat menyaksikan video atau film dari alat elektronik yang Anda gunakan. Khusus earphone seringkali juga dipakai untuk menelepon. Headset umum nya dipakai untuk perlengkapan desktop baik untuk mendengarkan konten multimedia maupun bermain game.

Jika benda yang satu ini rusak, maka momen hiburan Anda akan ikut rusak bersama nya. Ada beberapa cara untuk merawat headset agar tetap awet. Dilansir dari laman Carisinyal.Com, Sabtu (3/10/2020) berikut cara untuk menjaga headset agar tidak cepat rusak.

Hindari Volume Maksimal

Jika Anda sering menggunakan headset dengan pengaturan volume yang terlalu keras, sebaiknya hilangkan kebiasaan ini. Terlalu sering mengatur suara maksimal akan membuat komponen pada headset atau earphone rentan rusak. Suara dari headset juga berpotensi tidak memiliki suara jernih seperti pada awal penggunaan.

Selain itu, pengaturan suara yang terlalu keras akan membuat suara headset bocor. Selain itu, menggunakan headset dengan volume tinggi juga tidak baik untuk kesehatan telinga. Telinga dapat mengalami penurunan kepekaan dalam mendengar suara pelan.

Menggulung Kabel Headset dengan Benar

Headset dan earphone memiliki kabel yang panjang dan kadang membuat Anda bingung jika kabelnya kusut atau tidak beraturan seperti terbelit-belit.

Cara untuk mengantisipasi hal ini, sebaiknya Anda merapikan kabel headset dengan cara menggulung, tapi tidak sembarang menggulung.

Membersihkan Secara Rutin

Benda yang satu ini juga perlu dirawat secara rutin. Mulai dengan membersihkan bagian kabel yang sering terkena noda. Gunakan alkohol untuk membersihkan kabel-kabel tersebut dari noda dan bakteri.

Bersihkan juga debu-debu yang menempel di bagian earbud. Cara membersihkan debunya bisa menggunakan cotton bud yang telah dicelupkan pada cairan alkohol dengan kadar 70%. Bisa juga menggunakan sikat gigi. Membersihkan earbud dengan sikat gigi bisa membuat suara headset kembali nyaring dan tidak sumbang.

Mengeringkan Telinga dan Menghindari Air

Salah satu penyebab headset cepat rusak adalah kehadiran air yang bisa masuk ke earbud. Namanya barang elektronik, pasti akan bermasalah jika terkena air. Sebaiknya hindari earbud berdekatan dengan air.

Selain itu, sebelum menggunakan headset, telinga Anda harus dipastikan dalam keadaan kering. Kelihatan sepele, tapi bisa bahaya dan merusak headset. Jadi, setelah Anda mandi atau kehujanan jangan langsung memakai headset sebelum yakin telinga Anda dalam keadaan kering.

Menyimpan Headset di Tempat Khusus

Sebaiknya simpan headset di tempat khusus, misalnya di kotak kemasan tertentu atau kantong tertentu. Kotak khusus bisa menggunakan kotak bekas atau kantong kecil yang tak terpakai. Menyimpan headset di tempat khusus bisa menghindari risiko dari kabel yang berantakan dan tercampur dengan kabel lainnya.

Jika Anda memiliki headset gaming, sebaiknya membeli gaming bag agar headset benar-benar terlindungi. Terutama ketika Anda keluar rumah. Apabila Anda memakai kantong biasa, sebaiknya hindari gesekan atau tekanan dari benda lain kepada headset.

Membersihkan Bantalan Headset

Ada beberapa tipe headset yang memiliki bantalan yang empuk. Bantalan ini juga perlu dirawat dan jangan disepelkan. Agar bantalan awet, sebaiknya hindari terkena sinar matahari langsung. Selain itu, bersihkan bantalan dengan katun atau microfiber setelah menggunakan headset. Tujuannya agar bantalan headset terbebas dari keringat dan debu.

Bagi Anda yang sering bermain game dan sering menggunakan headset dengan bantalan, sebaiknya hindari asap rokok dan keringat yang berlebihan. Biasanya bermain game lama, pasti akan ada keringat mengucur dan terkena bantalan headset. Anda bisa mengantisipasi keringat yang menempel, seringlah membersihkan bagian bantalan headset.

Hindari Meminjamkan Headset ke Orang Lain

Cara merawat headset agar awet adalah dengan tidak sering memakai secara beramai-ramai, alias dipinjamkan ke orang. Anggap headset atau earphone adalah sikat gigi yang memang khusus digunakan untuk keperluan pribadi. Bayangkan jika headset sering pinjamkan, bisa saja ada kuman dari pemakai yang menempel di headset kita.

Contoh kasus paling gampang, banyak headset di warung internet yang usianya tidak lama. Biasanya headset yang digunakan untuk warung internet memang harganya terjangkau karena pemiliknya tahu kalaupun beli yang mahal, headset akan cepat rusak. Jelas karena penggunaannya rutin dan berbeda-beda pemakainya.

Komentar