oleh

Cara Merawat Wajah Tetap Terlihat Awet Muda

PortalMadura.Com – Tidak dapat dipungkiri lagi setiap orang pasti menginginkan mempunyai kulit wajah yang sehat dan cantik nan rupawan, seiring bertambahnya usia banyak pula terjadi perubahan pada kulit wajah seseorang. Hal itu bisa disebabkan karena pola hidup seseorang tidak dijaga dengan baik.

Tidak heran lagi sehingga banyak orang-orang rela mengeluarkan budget yang lebih besar untuk bisa memiliki wajah yang diinginkannya. Dikutip dari laman lemonilo.com, Jumat (4/9/2020), inilah cara merawat wajah agar tetap awet muda yang bisa Anda lakukan:

Menjaga Pola Makan Tetap Sehat

Cara merawat wajah yang pertama cukup simple yaitu menjaga pola makan agar tetap sehat. Sebenarnya, tidak perlu menjalankan program diet berlebih. Cara yang paling mudah, cukup menambah jumlah buah dan sayuran ke dalam menu harian. Kedua jenis makanan ini tidak memiliki kandungan kolesterol, rendah kalori, serta memiliki banyak serat, vitamin, dan mineral seperti, kalsium dan zat besi. Adapun bahan makanan nabati yang memiliki zat besi seperti, bayam dan kacang kedelai. Perlu diperhatikan bahwa, pada umumnya sumber hewani memiliki kadar zat besi dan kalsium yang lebih besar dan lebih mudah diserap oleh tubuh.

Tips awet muda pun dapat diperoleh dari konsumsi makanan seperti, minyak zaitun, ikan, cokelat hitam, buah delima, avokad, dan tomat, rempah-rempah seperti, kayu manis, jahe, dan cabai. Hal ini karena, antioksidan dalam sayur dan buah membantu cegah kanker dengan melawan radikal bebas, yakni zat yang terbuat dari proses metabolisme tubuh yang merusak jaringan, sel-sel, dan DNA tubuh.

Aktif Bergerak

Aktif bergerak secara rutin dengan olahraga termasuk salah satu cara untuk merawat wajah agar terlihat awet muda dan sehat. Hal ini disebabkan oleh, aktivitas olahraga bermanfaat untuk menjaga sirkulasi darah dan metabolisme tubuh tetap teratur, jaga kesehatan organ tubuh seperti jantung dan otak, otot, dan juga tulang, membantu cegah penyakit kronis seperti, kanker, diabetes, sakit jantung, sampai depresi, cegah demensia karena bermanfaat meningkatkan interaksi antar-sel saraf sehingga memperlambat rusaknya jaringan otak.

Tidak ada salahnya untuk coba memulai olahraga dari sekarang. Karena orang yang baru memulai olahraga rutin sebelum usia lanjut pun tetap dapat memperoleh manfaatnya daripada mereka yang tidak bergerak aktif sama sekali. Olah badan seperti yoga teruji mampu menjaga kesehatan secara fisik dan mental secara baik dengan memperkuat sirkulasi darah, sistem saraf, dan otot.

Istirahat dengan Durasi yang Cukup

Menerapkan waktu tidur juga termasuk cara untuk merawat wajah yang mudah dilakukan. Waktu tidur yang ideal adalah 7-9 jam setiap hari untuk kulit supaya tetap sehat dan tidak mudah keriput. Meskipun begitu, terlalu banyak tidur juga malah tidak baik dan justru mempercepat proses rusaknya sel kulit. Untuk posisi tidur yang baik untuk kulit wajah adlah dengan posisi telentang dan hindari posisi telungkup.

Menjaga Kulit Tetap Sehat

Pakai pelembab kulit secara rutin dapat menjadi salah satu cara untuk merawat wajah agar tetap muda. Apabila kulit kering, maka sel kulit akan cepat menua dan keriput, khususnya bila kerap terkena sinar matahari yang juga menjadi penyebab utama penuaan pada kulit. Maka dari itu, sangat penting untuk memakai pelembab yang mengandung tabir surya dengan SPF minimal 15, yang bisa melindungi kulit dari efek sinar ultraviolet. Penggunaan tabir surya secara rutin setiap hari teruji secara medis mampu memperlambat proses penuaan kulit. Tak hanya itu, tabir surya pun berguna melindungi kulit dari kanker efek paparan sinar matahari berlebih.

Selain memakai tabir surya, pakai juga topi dan pakaian yang dapat menutupi kulit ketika berada di luar ruangan. Cara merawat wajah agar tetap awet muda selanjutnya ialah dengan memeriksakan diri ke dokter kulit atau dermatologis. Metode ini disebut lebih menjanjikan daripada mencoba-coba sendiri beragam produk kecantikan anti penuaan. Dermatologis mampu menganalisis, mengevaluasi, dan merekomendasikan produk yang cocok dengan keperluan kulit.

Nah, itulah ulasan tentang 4 cara merawat wajah agar tetap awet muda. Awet muda memang sangat diperlukan dan dinilai penting khususnya bagi kaum wanita. Selamat mencoba.

Rewriter : Liza Princess
Sumber : lemonilo.com
Tirto.ID
Loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

portalmadura.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE