oleh

Cara Mudah agar Anak Mau Pakai Masker

PortalMadura.Com – Di tengah mewabahnya virus Corona seperti sekarang, memakai masker adalah keharusan pada kondisi tertentu. Misalnya saat sedang sakit atau berada di tempat ramai seperti bandara dan rumah sakit. Anjuran ini tidak hanya berlaku bagi orang dewasa, tapi juga anak-anak.

Banyak anak merasa tidak betah dipakaikan sesuatu di kepala atau wajah mereka, termasuk masker. Mereka seringkali menolak dipakaikan masker atau mencopotnya setelah terpasang. Mungkin mereka merasa gerah, sulit bernapas, dan merasa tidak nyaman. Dilansir dari laman Popmama.Com, Sabtu (12/9/2020) berikut cara yang bisa Anda lakukan agar anak mau pakai masker.

Bantu Anak Terbiasa Menggunakan Masker

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah, bantu anak untuk terbiasa menggunakan masker. Walaupun mungkin anak akan merasa tidak nyaman, sebisa mungkin berikan waktu pada anak untuk berlatih memakai masker sebelum mereka mengenakannya ke luar rumah.

Jangan lupa juga ajari anak untuk cara memakai masker dan cara melepaskannya dengan tepat. Serta cara membuang masker yang diikuti dengan mencuci tangan.

Ajak Anak Mendekorasi Masker Sesuai dengan Jenis Masker yang Dipakai

Jika anak merasa masker yang digunakan terlalu menakutkan, ajak anak-anak untuk mendekorasi masker mereka. Ini dapat membantu mereka merasakan kepemilikan dan kendali atas rasa takutnya tersebut.

Sentuhan pribadi juga dapat membantu menjadikannya seperti bagian normal dan rutinitas mereka, dan membuat anak-anak lebih mungkin ingin memakai masker mereka untuk menunjukkan hasil karya mereka sendiri.

Setiap masker memiliki bahan yang berbeda tergantung mana yang Anda pilih untuk anak. Sesuaikan bahan dengan cara mendekornya, seperti menggunakan stiker atau spidol yang aman untuk anak-anak.

Ajak Anak untuk Ikut Ambil Bagian Jika Anda Membuat Masker

Jika Anda dapat membuat masker kain, ajak anak untuk ikut ambil bagian dalam pembuatan masker. Anak yang masih kecil, bisa diajak untuk mencari kain yang tidak terpakai di rumah atau memilih pola untuk masker.

Sedangkan untuk anak yang lebih besar, bisa membantu untuk menggunting polanya. Tidak ada masker tanpa jahitan yang mudah dibuat, Anda bisa membuatnya dari kain-kain yang mudah ditemui, seperti kaos yang tidak dipakai lagi, bandana, dan lain-lain.

Memperkenalkan Masker pada Anak dengan Cara-cara yang Menyenangkan

Perkenalkan masker dengan cara yang menyenangkan, seperti pada saat bermain. Tujuannya agar anak tidak merasa takut dengan pemakaian masker. Anak-anak juga bisa berpura-pura menjadi dokter atau perawat sambil memakai maskernya.

Mereka mungkin ingin menggunakan mainan dokter dengan pura-pura merawat boneka yang dimiliki. Saat ini Anda juga bisa menjelaskan pentingnya masker untuk menghindari anak dari berbagai penyakit.

Menyiapkan Beberapa Masker saat Anak Bermain

Siapkan beberapa masker ketika anak bermain, hal ini dapat membuat mereka jadi mengerti untuk menggunakan masker selama waktu bermain. Ini juga yang membantu anak saat ini memakai masker merupakan bagian kehidupan normal mereka sehari-hari.

Anda juga dapat meminta anak untuk memasang masker pada boneka favoritnya, dan kemudian mengajukan pertanyaan lanjutan tentang kira-kira mengapa boneka perlu diberikan masker.

Tergantung pada respon anak, kemudian Anda dapat menjelaskan dari setiap kebingungan anak. Serta menawarkan jaminan bahwa dengan menggunakan masker, anak dapat terlindung dari wabah virus corona.

Rewriter : Oktaviana Dwi K. K
Sumber : popmama.com
Tirto.ID
Loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

portalmadura.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE