oleh

Cara Mudah Atasi Depresi Menurut Islam

PortalMadura.Com – Setiap orang pasti mengalami yang namanya depresi, entah itu dikarenakan suasana hati maupun suatu kondisi yang selalu berubah setiap waktu.

Kenyataannya depresi timbul dari dalam diri karena memiliki sikap kurang bersyukur, iri, dengki, dan selalu melihat apa yang orang lain miliki lebih banyak dari apa yang kita miliki.

Depresi merupakan masalah yang tidak bisa dianggap sepele. Dilansir dari laman Umma.Id, Kamis, (2/9/2020) berikut beberapa cara mengatasi depresi menurut islam:

1. Salat

Sebagai mukmin Islam mewajibkan seseorang untuk menunaikan salat wajib sebanyak lima kali dalam sehari. Selain salat wajib, ada juga salat sunnah yang juga dianjurkan dalam Islam. Salat memiliki berbagai manfaat salah satunya adalah untuk membuat hati menjadi lebih tenang dalam Islam. Salat juga memiliki tujuan supaya seseorang bisa lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT. Salat bisa membawa hati menjadi lebih tenang dan damai sehingga bisa menjaga kestabilan emosi dengan baik. Bahkan, salat juga menjadi obat dari berbagai penyakit.

“Hai orang-orang yang beriman, jadikanlah sabar dan salat sebagai penolongmu, sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar.” (Q.S. Al Baqarah : 153).

2. Berzikir

Depresi akan menyebabkan seseorang menjadi merasa stres dan juga cemas dalam menjalani segala hari-harinya. Butuh ketenangan jiwa sehingga bisa mematikan depresi yang timbul dan mengganggu dalam jiwa. Memperbanyak zikir akan lebih mendekatkan diri pada Allah dan juga bisa menyebabkan hati menjadi lebih tenang. Hal ini juga didukung dari pandangan seorang dokter dimana jika dipandang dari ilmu kejiwaan.

3. Iman pada Takdir yang Baik dan Buruk

Rukum iman ke-6 yaitu beriman pada qada dan qadar juga bisa menjadi salah satu cara untuk mengatasi depresi. Sebagai manusia harus bisa untuk menerima segala takdir yang sudah digariskan oleh Allah SWT baik itu takdir yang baik ataupun takdir yang buruk. Jika mendapatkan keburukan tak perlu berlarut dalam kesedihan. Orang yang percaya takdir dan beriman pada Takdir maka mendapatkan manfaat dari rukun Iman dengan segala hal yang terjadi padanya akan diterima namun jika tidak maka imannya memang belum sempurna.

4. Berkumpul Bersama Keluarga

Menjaga hubungan dengan keluarga meskipun ditengah-tengah kesibukan yang sangat padat juga bisa membawa seseorang kepada kebahagiaan menurut Islam. Keluarga bahagia menurut Islam yang bisa menjadi keluarga sakinah, mawaddah, warahmah menurut Islam dengan selalu saling mengisi dan menemani seluruh anggota keluarga lainnya. Sekadar bercanda dan bercengkrama bersama keluarga akan menghindarkan seseorang dari depresi.

5. Bersikap Sabar

“maka bersabar itu lebih Indah. Dan hanya Allah tempat memohon pertolongan.” (QS. Yusuf 18).

Depresi yang timbul karena terlalu sulit dalam mengatasi suatu masalah atau mendapatkan masalah yang berat maka yang harus dilakukan adalah bersabar. Nabi Ya’kub pun juga pernah berkata “Sabar itu lebih indah.” Sehingga ketika menghadapi masalah seberat apapun sebaiknya selalu bersabar. Bersabar juga termasuk cara agar hati tenang dalam Islam.

Rewriter : Liza Princess
Sumber : Umma.Id
Tirto.ID
Loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

portalmadura.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE