oleh

Cara Mudah Kencangkan Rantai Motor Sendiri

PortalMadura.Com – Sebelum Anda menggunakan motor Anda, sebaiknya cek terlebih dahulu sepeda Anda. Jika sepeda motor Anda manual maka rantai motor harus di cek rutin karena rantai sering kendur akibat pemakaian.

Jika rantai sepeda Anda kendur, ini akan membuat berkendara tidak nyaman bahkan menimbulkan sura berisik. Lalu bagaimana jika Anda seorang perempuan dan harus melakukan cek sendiri terhadap sepeda Anda?

Berikt langkah-langkah mengencangkan rantai sepeda motor, dilansir dari Liputan6.com, Minggu (24/5/2020)

Pakai Standar Tengah

Standarkan kendaraan Anda dengan menggunakan standar tengah, karena jika Anda menggunakan standar samping maka sepeda Anda tidak berdiri sempurna. Nantinya akan membuat Anda sedikit kesulitan apabila mengencangkan rantai.

Kendurkan Mur As Roda

Langkah kedua, mur as roda pada sisi kiri dan kanan kendurkan dengan menggunakan kunci ring. Putar pada satu bagian dan tahan bagian sisi lainnya agar kunci lain tidak ikut berputar.

Harus Anda perhatikan mengendurkan mur roda jangan sampai teralalu kendur atau bahkan sampai terlepas. Karena tujuan mengendurkan mur as roda untuk memudahkan memaju mundurkan roda belakang.

Kendurkan Baut Braket Kaliper

Selanjutnya, kendurkan baut brakter dari kaliper rem belakang, ini biasanya berasa di swing arm suspensi belakang di sisi kanan roda.
Langkah ini hanya berlaku jika sepeda Anda menggunakan rem cakram namun jika kendaraan Anda menggunakan tromol, maka lewati tahap ini.

Putar Mur Adjuster Rantai

Tahap keempat, putar adjuster rantai secara bersamaan atau paling tidak memiliki putaran yang sama. Mur adjuster ini berada di sisi kanan dan kiri yang terletak di ujung swing arm roda. Pastikan putaran keduanya harus sama, apabila tidak sama bisa berakibat fatal pada bagian roda belakang.

Satu hal yang harus diperhatikan oleh Anda saat memutar mur ini, lakukan secara bertahap, satu dua putaran pada sisi kiri, kemudian sisi kanan dan begitu seterusnya.

Kencangkan Lagi Semua Mur Baut

Jika keempat tahap sudah dilakukan, langkah terakhir yaitu mengencangkan semua mur baut yang sebelumnya dikendurkan. Namun jika jenis sepeda Anda jenis motor bebek dan pakai rem tromol maka harus menyetel ulang bagian ini.

Hal ini terjadi karena disaat Anda telah selesai menyetel rantai, posisi roda belakang aan semakin ke belakang dan rem tromol akan tertarik makin ke dalam.

Rewriter : Lisa Mana L
Sumber : Liputan6.com
Tirto.ID
Loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

portalmadura.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE