oleh

Cara Mudah Khatam Alquran di Bulan Ramadan

PortalMadura.Com – Pada bulan suci Ramadan, Allah SWT menjanjikan banyak limpahan pahala bagi umatnya yang terus beribadah dan mengharapkan barokah. Sebagaimana yang sering diketahui, barang siapa yang banyak beramal ibadah termasuk dengan membaca Alquran, maka akan dilipatgandakan pahalanya.

Ramadan adalah bulan yang identik dengan bulannya Alquran. Pada bulan ini pula Allah SWT menurunkan ayat Alquran untuk pertama kalinya. Tidak heran jika kemudian banyak umat Muslim berlomba-lomba ingin mengkhatam Alquran selama bulan Ramadan.

Sebenarnya memang tidak ada kewajiban mengkhatam Alquran dalam bulan Ramadan, tapi bagi siapa saja yang melakukannya akan mendapat pahala yang berlipat ganda. Di bulan suci ini juga menjadi kesempatan untuk memperbanyak pundi-pundi pahala dengan banyak membaca Alquran karena waktu mudah dan luang cuma di bulan Ramadan.

Mengkhatamnya tentu ada triknya, lalu bagaimana kira-kira cara mengkhatamkan Alquran dalam bulan Ramadan di antara rutinitas bekerja?. Nah berikut tips mengkhatamkan Alquran di bulan Ramadan seperti dilansir PortalMadura.Com, Kamis (15/4/2021) dari laman Okezone.com:

Sebagaimana diketahui, Alquran itu terdiri dari 30 juz. Dalam 1 juz terdiri dari 20 halaman (10 lembar). Nah, buat target, setiap salat 5 waktu untuk membaca 4 halaman (2 lembar), bisa dipilih sebelum dan sesudah salat. Misalnya, sebelum salat membaca 1 lembar dan sesudahnya membaca 1 lembar.

Dengan begitu, 1 hari Anda bisa mengkhtam 1 juz yang didapatkan, sebulan bisa dapat 30 juz. Bukankah itu mudah jika dilakukan dengan sungguh-sungguh dan ikhlas?.

Dari ‘Abdullah bin ‘Amr, ia berkata bahwa Rasulullah bersabda,

« اقْرَإِ الْقُرْآنَ فِى شَهْرٍ » . قُلْتُ إِنِّى أَجِدُ قُوَّةً حَتَّى قَالَ « فَاقْرَأْهُ فِى سَبْعٍ وَلاَ تَزِدْ عَلَى ذَلِكَ »

Bacalah (khatamkanlah) Alquran dalam sebulan.” ‘Abdullah bin ‘Amr lalu berkata, “Aku mampu menambah lebih dari itu.” Beliau pun bersabda, “Bacalah (khatamkanlah) Alquran dalam tujuh hari, jangan lebih daripada itu” (HR. Bukhari No. 5054).

Namun sebagaimana kata Imam Nawawi, “Kebanyakan ulama berpendapat bahwa tidak ada batasan hari dalam mengkhatamkan Alquran, semuanya tergantung pada semangat dan kekuatan. Dan ini berbeda-beda satu orang dan lainnya dilihat dari kondisi dan person” (Fathul Bari, 9: 97).

Selanjutnya, Abu Sa’id Al Khudri ketika ditanya firman Allah,

فَاقْرَءُوا مَا تَيَسَّرَ مِنَ الْقُرْآَنِ

Karena itu bacalah apa yang mudah (bagimu) dari Alquran” (QS. Al Muzammil: 20). Jawab beliau, “Iya betul. Bacalah walau hanya lima ayat”. (Disebutkan dalam Tafsir Alquran Al ‘Azhim, 7: 414).

Demikian cara mengkhatam Alquran, semoga Allah memudahkan Anda untuk mengkhatamkannya di bulan Ramadan yang penuh berkah ini. Wallahu A’lam.

Rewriter : Putri Kuzaifah
Sumber : Okezone.com

Komentar