oleh

Cara Mudah Membuat Anggaran Bulanan Anda

Portalmadura.Com – Masih sering boros dengan anggaran yang Anda miliki setiap bulannya?. Bagi Anda yang bergaji bulanan, biasanya akan sulit menghindari kebocoran tabungan menjelang akhir bulan.

Anda mungkin membutuhkan cara yang mudah dalam belajar mengelola aggaran bulanan guna menghindari hal tersebut.

Apalagi bagi Anda yang masih memiliki banyak biaya yang harus dibayar tiap bulan, memiliki sejumlah utang yang belum lunas, atau tagihan-tagihan lain. Tentu Anda akan makin dibuat pusing dengan permasalah tersebut. Anda harus pintar dalam mengelola keuangan bulanan Anda.

Berikut beberapa cara untuk membuat anggaran bulanan:

Mengategorikan Pengeluaran Anda
Anda dapat memulainya dengan pengeluaran yang paling besar sampai dengan pengeluaran yang paling kecil atau yang mungkin dapat terjadi sewaktu-waktu.

Buat Jenis Primer dan Sekunder
Dari kategori pengeluaran yang Anda buat sebelumnya, padatkan menjadi dua, yaitu pengeluaran yang penting dan tidak bisa dihindari atau primer, dan pengeluaran yang tidak begitu penting dan bisa ditunda atau sekunder.

Potong Kembali
Dua jenis pengeluaran di atas, mungkin Anda dapat memotong atau memangkas pengeluaran yang sekiranya tidak diperlukan segera.

Selain itu, pemotongan daftar pengeluaran ini juga dapat Anda pindahkan untuk pengeluaran yang penting dan tidak dapat ditunda, seperti untuk membayar hutang.

Perkirakan
Lihat kembali struk belanjaan dan buku rekening Anda dalam beberapa bulan terakhir, sehingga Anda dapat melihat mana hal-hal yang benar-benar penting dan dapat ditunda. Ini akan sangat membantu Anda dalam membuat anggaran bulanan selanjutnya. (liputan6.com/Salimah)


Tirto.ID
Loading...

Komentar