oleh

Cara Pakai Ulang Sunscreen Tanpa Bikin Makeup Berantakan

Bayar pajak itu wajib

PortalMadura.Com – Tinggal di negara yang mempunyai iklim tropis seperti di Indonesia, setiap harinya tentu akan terpapar oleh sinar matahari yang begitu terik. Bagi seseorang yang peduli dengan kulitnya pasti akan melakukan segala cara agar terlindung dari sinar tersebut.

Nah, salah satu produk yang pantang dilewatkan penggunanya untuk melindungi kulit yaitu sunscreen (tabir surya). Hal tersebut perlu dilakukan karena selain mencegah terjadinya sunburn (terbakar sinar matahari), penggunaan sunscreen juga bisa menghindari penuaan dini.

Apalagi bagi Anda yang kesehariannya sering beraktivitas di luar ruangan. Sunscreen harus dipakai sebelum Anda bepergian ke luar rumah. Tapi sayangnya, masih banyak orang yang mengabaikan atau malas menggunakan produk yang satu ini.

Di antara alasannya karena mereka takut merusak makeup yang sudah dipoles. Padahal, sudah jelas bahwa sunscreen perlu diaplikasikan secara ulang untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Jadi, Anda disarankan tidak hanya menggunakan hanya sekali saja. Melainkan harus beberapa kali seiring dengan banyaknya aktivitas yang dilakukan.

Dengan begitu, efek perlindungannya akan awet seharian. Lantas, bagaimana cara memakai ulang sunscreen tanpa merusak makeup di wajah?. Yuk baca selengkapnya penjelasan berikut ini:

Kenapa Pakai Sunscreen Harus Diulang?

Dilansir Hellosehat.com yang dikutip dari American Academy of Dermatology, sunscreen perlu dioleskan kembali setiap dua jam sekali atau segera setelah berenang atau berkeringat.

Sebagaimana yang telah dijelaskan di atas, seiring dengan banyaknya aktivitas yang dilakukan lama kelamaan krim sunscreen yang ada di kulit bisa luntur. Entah dalam keadaan cuaca yang berawan atau terasa teduh, radiasi sinar UV tetap ada dan bahayanya sama.

Jadi, jika tidak diulang pemakaiannya, risiko kulit terbakar matahari ketika sedang berkegiatan di luar ruangan pun sangat besar. Selain itu, hal inilah yang juga membuat kulit menghitam.

Baca Juga : Ini Pentingnya Pakai Sunscreen Setiap Hari

Terpapar sinar matahari terlalu lama tanpa perlindungan juga bisa membuat kulit mengalami penuaan dini. Bintik cokelat dan kerut halus bisa muncul di wajah serta membuat kulit tampak lebih tua. Selain itu, bahaya lainnya yang mungkin muncul yaitu risiko terkena kanker kulit.

Loading...

Oleh karena itu, Anda wajib memakai ulang sunscreen setiap dua jam sekali atau lebih sering jika kulit mulai berkeringat. Dengan memakai ulang sunscreen, kulit akan tetap terlindungi dari masalah yang disebabkan oleh sinar matahari.

Bagi Anda yang masih belum tahu bagimana cara mengulang penggunaan sunscreen atau takut merusak makeup yang digunakan, Anda tidak perlu khawatir, ada cara mengatasinya.

Cara Memakai Ulang Sunscreen

Sebenarnya penggunaan sunscreen yang berulang tergantung dari atau di mana Anda melakukan kegiatan. Jika berkegiatan di dalam ruangan, Anda tentu tidak perlu sering-sering memakainya kembali karena krimnya tidak mudah luntur.

Namun, lain cerita jika Anda berkegiatan di luar ruangan yang membuat kulit mudah berkeringat. Terlebih saat memakai makeup, Anda mungkin tambah bingung bagaimana cara memakai ulang sunscreen tanpa perlu menghapus riasan.

Kuncinya ada pada jenis produk yang dipakai. Apabila Anda merasa khawatir dengan makeup-nya, maka gunakan produk sunscreen yang berbentuk semprotan untuk melindungi kulit wajah tanpa membuat makeup rusak.

Tidak sulit, Anda hanya tinggal menyemprotkan produk ke seluruh bagian wajah dan leher tanpa terkecuali. Pastikan agar semua kulit terbasahi oleh produk dan tidak ada yang terlewat. Kemudian, biarkan cairan tersebut meresap beberapa saat dan kering dengan sendirinya.

Selain yang berbentuk semprotan, Anda juga bisa menggunakan produk yang berbentuk bubuk seperti bedak. Anda hanya tinggal menggunakannya di atas makeup selayaknya memakai bedak dengan brush atau kuas.

Caranya, taburkan sunscreen bedak dengan gerakan memutar secara perlahan. Dengan begitu, sunscreen yang digunakan tidak akan merusak makeup yang Anda gunakan.

Produk jenis ini akan sangat memudahkan Anda dalam memakai ulang sunscreen tanpa perlu repot merias wajah kembali. Sunscreen jenis ini biasanya tidak berwarna dan bertekstur ringan sehingga tidak akan mengubah tampilan makeup Anda. Anda bisa dengan mudah memakai ulang sunscreen ini tanpa wajah terasa cakey.

Selain pastinya memiliki perlindungan dari sinar UV, produk tabir surya bedak juga kerap dilengkapi dengan vitamin A dan E. Hal ini membuat tabir surya mampu melembapkan dan menghaluskan kulit.

Tidak sulit bukan cara memakai ulang sunscreen?. Mulai sekarang, yuk lindungi kecantikan dan kesehatan kulit Anda dengan rajin pakai sunscreen.


Rewriter : Putri Kuzaifah
Sumber : hellosehat.com


Berita PortalMadura
Loading...

Komentar