oleh

Cara Praktis Hilangkan Cegukan

PortalMadura.Com – Cegukan terjadi karena menutupnya pita suara secara tiba-tiba akibat kontraksi pada diafragma dan menghasilkan bunyi hik. Cegukan bisa dialami mulai dari bayi hingga lanjut usia.

Dilansir dari laman Health.Detik.Com, Rabu (24/6/2020) Kenapa kita bisa cegukan? dan bagaimana cara mengatasinya? Simak solusi praktis dibawah ini.

Cara Praktis Hilangkan Cegukan

Melatih Pernapasan

Melatih Pernapasan
Ilustrasi (legendflowers.com)

Cara paling umum yang pasti sudah diketahui oleh semua orang adalah dengan menahan napas. Menahan napas dipercaya sebagai cara menghilangkan cegukan karena kadar karbondioksida dalam tubuh akan bertambah. Caranya dengan Anda menahan napas langsung selama yang Anda kuat.

Minum Air Hangat

Minum Air Hangat
Ilustrasi (merdeka.com/medicalnewstoday.com)

Air hangat dapat melancarkan peredaran darah dan oksigen sehingga oksigen yang dibutuhkan oleh tubuh terpenuhi. Caranya adalah dengan meminum air hangat lalu menahan napas dengan posisi tubuh membungkuk selama yang Anda bisa.

Menjulurkan Lidah

Menjulurkan Lidah
Ilustrasi (yahooberita.com)

Menjulurkan lidah dilakukan untuk merangsang nasofaring dan saraf vagus. Saraf ini mempengaruhi otot-otot mulut, tenggorokan, dan mengatur kontraksi yang terjadi pada diafragma.

Pijat Arteri Karotis

Pijat Arteri Karotis
Ilustrasi (mamikos.com/cdn.idntimes.com)

Tubuh memiliki arteri karotis di kedua sisi leher yang terasa ketika memeriksa denyut nadi dengan menyentuh leher. Caranya, berbaring lalu putar kepala ke kiri, baru pijat lembut leher sisi kanan dengan gerakan memutar selama lima detik. Ganti sisi satunya.

Minum Perasan Jeruk Nipis

Minum Perasan Jeruk Nipis
Ilustrasi (merdeka.com)

Kandungan vitamin C dalam jeruk nipis sangat tinggi. Hal ini bisa dimanfaatkan saat cegukan. Caranya adalah memeras jeruk nipis langsung di mulut. Khasiatnya sangat dipercaya bisa menghilangkan gangguan pada saraf vagus.

Jika Anda seringkali mengalami kesulitan untuk menghentikan cegukan, cobalah solusi praktis di atas.

Rewriter : Raudatul Fitrah
sumber : Health.Detik.Com
Tirto.ID
Loading...

Komentar