oleh

Kandungan Nutrisi Rumput Laut Untuk Kesehatan

PortalMadura.Com – Masyarakat Indonesia sudah tak asing lagi dengan rumput laut, rumput laut seringkali menjadi pilihan untuk bahan obat-obatan, industri, dan makanan karena kandungan gizinya. Beragam nutrisi, seperti karbohidrat, protein, serat, vitamin dan mineral hingga antioksidan bisa Anda temukan dalam makanan laut ini.

Dilansir dari laman Alodokter.Com, Rabu (24/6/2020) berikut manfaat rumput laut untuk kesehatan.

Kandungan Nutrisi Rumput Laut Untuk Kesehatan

Meningkatkan Fungsi Tiroid

Kelenjar tiroid melepaskan hormon yang berfungsi untuk memperbaiki sel-sel yang rusak dan memproduksi energi. Yodium membantu kelenjar tiroid untuk menghasilkan hormon tersebut. Tiroid punya peranan penting bagi sistem metabolisme tubuh. Untuk menjalankan fungsinya, kelenjar tiroid butuh asupan yodium yang bisa didapat dengan mengonsumsi rumput laut atau garam beryodium.

Meningkatkan Kesehatan Jantung

Penyakit jantung merupakan penyebab utama kematian di seluruh dunia. Kolesterol tinggi menjadi salah satu faktor risikonya. Rumput laut ditemukan dapat mengurangi kadar kolesterol dalam darah. Selain kolesterol tinggi, penyakit jantung juga bisa disebabkan oleh pembekuan darah. Karbohidrat dalam rumput laut, dapat membantu mencegah pembekuan darah.

Menstabilkan Gula Darah

Diabetes terjadi saat kadar gula darah dalam tubuh meningkat dari waktu ke waktu. Senyawa fucoxantin dan alginat dalam rumput laut diyakini dapat mengurangi resistensi insulin dan menstabilkan kadar gula darah, serta mencegah diabetes tipe 2.

Membantu Menurunkan Berat Badan

Rumput laut mengandung sedikit kalori dan banyak serat. Serat dalam rumput laut bisa membantu memperlambat pengosongan lambung. Hal ini membantu Anda merasa kenyang lebih lama dan menunda rasa lapar. Rumput laut juga dianggap dapat membantu mengurangi lemak dalam tubuh.

Meningkatkan Kesehatan Usus

Bakteri pada usus punya peran besar dalam kesehatan Anda. Ketidakseimbangan antara bakteri baik dan buruk pada usus dapat menimbulkan penyakit. Rumput laut menjadi sumber serat yang baik untuk menjaga usus tetap sehat.

Menurunkan Risiko Kanker

Manfaat lainnya dari rumput laut yang rutin dikonsumsi dapat menurunkan risiko kanker payudara. Serat larut yang ditemukan dalam rumput laut juga dipercaya dapat membantu menekan perkembangan kanker usus besar.

Rumput laut diketahui memberikan perlindungan untuk melawan beberapa penyakit, rumput laut bisa Anda jadikan bahan pangan tambahan karena nutrisi dan manfaatnya yang menakjubkan. Namun, disarankan untuk mengonsumsi rumput laut, dengan tidak berlebihan.

Rewriter : Raudatul Fitrah
Sumber : Alodokter.com
Tirto.ID
Loading...

Komentar