Cara Tidur Sehat Sesuai Petunjuk Rasulullah

Avatar of PortalMadura.com
Cara Tidur Sehat Sesuai Petunjuk Rasulullah
Ilustrasi (KabarMakkah.com)

PortalMadura.Com – Selain mengatur pola makan agar tubuh tetap sehat, setiap orang juga butuh yang namanya istirahat. Sekilas mungkin tidur menjadi aktivitas yang nampak biasa-biasa saja. Kenyataannya, manusia sangat memerlukan waktu untuk istirahat.

Apalagi setelah seharian melakukan berbagai aktivitas, maka dengan mengistirahatkan tubuh akan membuatnya menjadi lebih nyaman. Berbicara tentang pentingnya tidur, Rasulullah telah mengajarkan cara tidur yang benar bagi umatnya.

Lantas, bagaimana ?. Bagi Anda yang ingin mengetahui sunah Rasulullah, maka simak penjelasan berikut ini:

Ketika akan tidur, Rasulullah menganjurkan umatnya agar selalu menghadap ke kanan. Jadi, posisi tidur yang disunahkan yaitu dengan miring ke kanan.

Sebagaimana diriwayatkan dari Al-Barra' bin Azib bahwa Rasulullah bersabda, “Jika ingin mendatangi pembaringanmu, maka berwudulah dengan wudu salat, kemudian berbaringlah dengan menyamping ke bagian kanan,” lalu bacalah:

اللَّهُمَّ أَسْلَمْتُ نَفْسِي إِلَيْكَ وَوَجَّهْتُ وَجْهِي إِلَيْكَ وَأَلْجَأْتُ ظَهْرِي إِلَيْكَ وَفَوَّضْتُ أَمْرِي إِلَيْكَ رَغْبَةً وَرَهْبَةً إِلَيْكَ لَا مَلْجَأَ وَلَا مَنْجَا مِنْكَ إِلَّا إِلَيْكَ آمَنْتُ بِكِتَابِكَ الَّذِي أَنْزَلْتَ وَبِرَسُولِكَ الَّذِي أَرْسَلْتَ

Ya AIlah, aku berserah diri kepada-Mu, aku serahkan urusanku kepada-Mu, kurebahkan punggungku kepada-Mu dengan penuh kecintaan dan ketakutan kepada-Mu, karena tidak ada tempat berlindung dan keselamatan dari Mu kecuali Engkau. Aku beriman kepada kitab-Mu yang telah Engkau turunkan dan aku beriman kepada Rasul-Mu yang telah Engkau utus” (HR. Bukhari dan Muslim).

Sebenarnya, berbaring atau merebahkan diri di atas kasur bisa dengan berbagai posisi, mulai dari telungkup atau telentang, menghadap ke kiri atau ke kanan. Namun, kira-kira apa posisi tidur paling ideal bagi fungsi-fungsi organ-organ tubuh manusia?.

Menurut Dr. Zhafir Al-Aththar, saat seorang tidur telungkup, beberapa saat kemudian ia akan merasa sesak napas karena dadanya sulit berkontraksi saat bernapas.

Selain akan merasa sesak, dengan tidur posisi telungkup dapat menyebabkan pembengkokan tulang belakang leher. Posisi ini juga dapat meletihkan jantung dan otak. Anda tentu tidak mau kan jika mengalami masalah kesehatan itu?.

Dilansir Okezone.com yang dikutip dari buku pintar Sains dalam Al-Quran Mengerti Mukjizat Ilmiah Firman Allah karya Dr. Nadiah Thayyarah, seorang peneliti asal Australia menemukan adanya peningkatan persentase kematian mendadak pada anak-anak yang terbiasa tidur telungkup.

Bahkan, jumlahnya mencapai tiga kali lipat dibanding anak-anak yang biasa tidur miring ke kiri atau ke kanan. Sungguh merupakan mukjizat jika riset dan penelitian modern ini amat sesuai dengan anjuran dan larangan Rasulullah.

Abu Hurairah meriwayatkan bahwa Rasulullah melihat seorang laki-laki tidur telungkup, maka sabda beliau, “Tidur semacam ini dibenci Allah dan Rasul-Nya” (HR. Ahmad dan Tirmidzi).

Pasalnya, ketika tidur pada posisi telentang, langit-langit mulut dan anak lidah (tekak) menghalangi lubang-lubang nasofaring dan aliran pernapasan sehingga menimbulkan dengkur.

Seseorang yang tidur seperti ini akan bangun dalam keadaan mulut dan lidah yang tertutup lapisan putih dan bau mulut yang tidak sedap. Jadi, posisi ini tidak cocok untuk tulang punggung karena dapat menyebabkan pembengkokan pada leher dan lumbar (tulang bawah punggung).

Selain itu, tidur dengan menghadap kiri juga tidak baik, karena jantung saat itu berasa di bawah tekanan paru-paru bagian kiri. Hal ini akan memengaruhi fungsi jantung dan kinerja jantung terutama bagi para lanjut usia. Pada posisi ini lambung yang terisi penuh juga akan menekan jantung dan hati.

Lantas, bagaimana posisi tidur yang baik?.

Tidur menyamping ke kanan adalah posisi yang paling benar, karena paru-paru sebelah kiri lebih kecil dari yang kanan sehingga beban jantung lebih ringan. Hati tetap kukuh pada tempatnya dan tidak bergelayut, sedangkan lambung tetap stabil di posisinya.

Posisi ini juga lebih cepat dalam mengosongkan makanan di lambung setelah dicerna. Jadi, tidur menyamping ke kanan adalah posisi tidur yang paling tepat dan dapat menghindarkan pelakunya dari ancaman berbagai penyakit.

Baca Juga : Miring ke Kanan, Ini Posisi Tidur Yang Dicontohkan Rasulullah

Demikian penjelasan mengenai tata cara tidur yang baik dan sehat ala Rasulullah. Wallahu A'lam.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.